Aurora Borealis, Fenomena Langit Paling Diburu Petualang Alam

Alam sering memikat kita dengan keunikan dan keajaiban yang luar biasa. Keajaiban itu muncul melalui keindahan alam yang spektakuler. Fenomena alam yang tidak pernah gagal memikat orang dari berbagai belahan dunia adalah aurora borealis. Cahaya utara yang berpijar menakjubkan di langit malam.

Pesona Cahaya Utara

Aurora borealis adalah fenomena unik yang menampilkan cahaya langit dalam berbagai spektrum warna. Disebut cahaya utara atau fajar utara karena aurora borealis hanya bisa disaksikan di belahan utara bumi. Tidak semua orang beruntung bisa menyaksikan aurora borealis karena fenomena itu tidak dapat diprediksi dan bukan pemandangan biasa yang muncul sehari-hari.

Aurora borealis banyak diburu petualang alam dan pencinta fotografi karena fenomena langka itu menawarkan pesona cahaya dramatis di langit. Siapa pun yang menyaksikan akan takjub dengan pertunjukan langit yang mempesona. Cahaya warna-warni mulai dari hijau, merah muda, ungu dan merah merekah menghiasi langit.

Fenomena astronomi

Aurora borealis terjadi secara alami yakni karena adanya tabrakan partikel bermuatan gas dan hanya terlihat di kutub magnet Bumi. Suar raksasa atau badai Matahari sejauh 150 juta kilometer mengirimkan ledakan partikel bermuatan ke bumi. Setelah 40 jam partikel-partikel itu bertabrakan dengan atom di atmosfer bagian atas Bumi dan menghasilkan emisi yang bersinar yakni cahaya utara atau selatan.

Aurora borealis memiliki berbagai bentuk, warna, gerakan dan tingkat kecerahan. Semua tergantung pada intensitas, aktivitas dan tarikan gaya magnet bumi.

Warna umum Aurora borealis adalah hijau. Meskipun jarang, warna ungu, merah muda, kuning, biru, oranye dan putih juga dapat terlihat. Warna cahaya yang muncul sangat tergantung pada ketinggian dan tipe partikel gas yang saling bertabrakan.

Jika elektron bertabrakan dengan oksigen maka menghasilkan cahaya kuning kehijauan atau merah. Sedangkan nitrogen umumnya mengeluarkan warna biru. Pencampuran ini menghasilkan warna ungu, merah muda dan putih. Oksigen dan nitrogen juga memancarkan sinar ultraviolet yang hanya dapat dideteksi kamera khusus di satelit tetapi tidak dengan mata manusia.

Cahaya utara berpijar dramatis bak tirai menari dengan variasi warna yang selalu berubah. Melalui warna cahaya itu pula peneliti bisa mengetahui tingkat elektron dan seberapa energik membombardir atmosfer Bumi dan menciptakan aurora.

Pertunjukan cahaya spektakuler, Foto: Steveowst/Pixabay

Berburu Keajaiban Langit

Merencanakan perjalanan untuk menyaksikan aurora borealis butuh persiapan matang terlebih jika Anda tinggal dan berada jauh dari belahan bumi Utara. Pilih bulan keberangkatan yang tepat untuk bisa melihat fenomena spektakuler ini.

Aurora borealis selalu ada, tetapi musim dingin merupakan waktu terbaik untuk melihatnya karena polusi cahaya lebih rendah dan udara lebih jernih dan segar.

Tempat terbaik untuk melihat aurora borealis adalah Alaska dan Kanada utara, tetapi mengunjungi bentangan terbuka yang luas tidak selalu mudah. Kawasan Nordik dianggap lokasi paling ideal untuk melihat aurora borealis seperti Islandia, Norwegia, Swedia, Greenland dan Finlandia.

Di kawasan Nordik, cahaya utara biasanya muncul antara bulan Oktober dan Maret setiap tahun. Sementara, di kawasan kutub antara bulan Agustus hingga April di jam – jam gelap dan sepanjang musim dingin. Di Norwegia, festival cahaya utara rutin digelar setiap tahun dengan rangkaian aktivitas outdoor dan live musik yang meriah.

Aurora borealis di Islandia, Foto: @HarryJBurgess/Pixabay

Aurora borealis tercipta karena Matahari dan atmosfer, karena itu cuaca sangat menentukan. Jika langit berawan maka aurora borealis sulit muncul. Para petualang alam juga harus sabar karena jam puncak aurora biasanya mulai pukul 11 malam hingga 2 pagi. Jadi bersiaplah begadang.

Sejumlah hotel bahkan memiliki layanan membangunkan tamu untuk menyaksikan atraksi cahaya utara. Siapkan juga pakaian hangat untuk melindungi diri dari terpaan udara dingin saat melihat aurora borealis di luar. Alternatif lain adalah Anda bisa menginap di igloo atau pondok yang dibangun khusus untuk menikmati aurora dari tempat tidur yang hangat dan nyaman.

Tirai cahaya dramatis Foto: M.Maggs/pixabay

Aurora borealis adalah fenomena alam populer dan paling dicari di dunia. Tempat bagi penggemar alam yang ingin melihat banyak keunikan. Cahaya Utara layak dimasukkan dalam daftar 7 keajaiban alam dunia karena kecantikan fisiknya. Satu-satunya keajaiban dunia yang menampilkan keindahan langit Bumi.

COPYRIGHT ┬ęCUTITIPS 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.