Tips Menghemat Uang Selama Liburan di Singapura

Singapura sudah lama menjadi destinasi favorit wisatawan asal Indonesia. Banyak hal menarik yang ditawarkan Singapura bagi pelancong. Di antaranya kota yang bersih, arsitektur bangunan futuristik, gedung-gedung pencakar langit yang luar biasa, objek wisata indoor dan outdoor modern dan surga wisata belanja barang-barang ternama dunia.

Dengan segala kenyamanan yang ditawarkan, tak heran banyak wisatawan memilih Singapura sebagai destinasi wisata utama. Tentu, selain jarak antara Singapura dengan Indonesia juga tidak terlalu jauh.

Umumnya jalan-jalan ke Singapura jauh lebih mahal jika dibandingkan berlibur ke Malaysia atau Thailand. Sebut saja mulai dari tiket pesawat, akomodasi, transportasi, tiket masuk wisata, hingga makanan dan minuman harganya paling tinggi di antara negara-negara di Asia Tenggara. Nilai tukar dollar Singapura sekitar Rp10.500/SGD membuat wisatawan asal Indonesia harus mempersiapkan dana ekstra jika ingin liburan ke Singapura.

Jika Anda ingin melancong ke Singapura, tips berikut ini bisa menghemat uang Anda selama liburan di sana.

Kartu Transportasi

Beli kartu transportasi EZ-Link saat pertama kali menginjak kaki di bandara Changi. Harga kartu EZ-Link SGD 12 (Rp120.000) dengan rincian biaya kartu SGD 5 (Rp50.000) dan saldo senilai SGD 7 (Rp70.000).

Kartu EZ-Link bisa digunakan untuk kereta MRT, LRT juga untuk bus. Ongkos transportasi dipotong otomatis sesuai jarak tempuh perjalanan. Selain di bandara, kartu EZ-Link bisa dibeli di 7-Eleven, termasuk untuk top up atau mengisi saldo.

Tak perlu Tourist Passes

Kartu tourist passes Singapura menawarkan perjalanan tidak terbatas menggunakan bus, LRT dan MRT Seharian. Namun harga paketnya sangat mahal yakni SDG 20 untuk tiga hari dan SGD 10 untuk satu hari. Tak perlu membeli kartu tourist passes apalagi jika waktu jalan-jalan habis dengan mengunjungi satu atau dua lokasi saja.

Tidak naik taxi

Ongkos taksi di Singapura mahal, termasuk “taxi online”. Gunakan MRT sebagai transportasi utama di Singapura karena ongkosnya jauh lebih murah. Terlebih sistem transportasi umum di Singapura sudah terintegrasi sangat baik. Salah satunya menghubungkan MRT dengan halte bus.
Berangkat lebih pagi Anda bisa menghemat biaya transportasi dengan berangkat lebih awal. Usahakan bangun lebih pagi dan naik MRT di bawah jam delapan pagi. Tarif MRT dipatok lebih murah karena ada potongan harga.

Cara ini bisa menghemat biaya transportasi satu kali perjalanan di awal hari. Bonusnya Anda punya waktu lebih banyak untuk jalan-jalan.

Air Minum

Harga air minum di Singapura super mahal. Satu botol air mineral 600 ml dijual dengan harga SGD 2 atau senilai Rp30.000. Jadi berhematlah membawa botol minuman sendiri dengan mengisi ulang air minum dari hotel. Jika harus membeli, pilih air mineral kemasan dengan harga paling murah. Air minum kemasan di Singapura aman, semua merek layak konsumsi.

Makanan

Makanan enak di Singapura bisa dibeli mulai dari harga SGD 4-10 atau Rp 40.000 hingga Rp100.000. Mi kuah atau mi goreng rata-rata dijual di kedai makanan seharga SGD 3 atau Rp30.000. Pilih kedai, restoran atau steet food yang bisa menghemat pengeluaran.

Pesan akomodasi online

Sebelum berangkat, pesan akomodasi secara online. Jangan memesan penginapan mendadak dengan mencarinya persis di saat Anda baru tiba di Singapura. Singapura adalah destinasi populer. Bisa-bisa Anda tidak mendapatkan kamar, karena hotel dan hostel rata-rata sudah penuh dipesan pelancong.

Pilih hotel atau hostel di kawasan Little India karena harganya relatif lebih murah dibanding kawasan lain di Singapura. Jika bepergian dengan jumlah orang lebih banyak lebih baik menyewa apartemen karena jatuhnya bisa lebih hemat.

Tak perlu memberi tips

Di Singapura tidak ada kewajiban memberi uang tips di restoran atau pun di kedai makanan. Makanan dan minuman dibayar sesuai tagihan.

Kunjungi tempat gratis

Banyak spot di Singapura yang kece, gratis dan Instagramable. Salah satunya adalah taman kota. Taman terbuka hijau tersebar di penjuru Singapura. Manfaatkan lokasi gratis tersebut untuk bersantai dan berfoto ria. Marina Bay Sands, Bukit Timah Nature Reserve, klenteng China dan Kuil Hindu juga menanti untuk dikunjungi.

Pilih lokasi belanja

Singapura punya banyak pusat perbelanjaan atau mal. Umumnya belanja di mal mahal apalagi untuk membeli suvenir atau oleh-oleh. Tempat belanja murah di Singapura berada di kawasan Chinatown, Little India dan Bugis street. Agar tidak menguras kantong, belanja dengan bijak dan jangan lupa menawar.

Selamat liburan hemat di Singapura.

COPYRIGHT © CUTITIPS 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.