8 Negara Ini Menawarkan Panorama Spektakuler Aurora Borealis

Aurora borealis adalah salah satu pertunjukan alam paling menakjubkan di dunia. Cahaya aurora dramatis dan mendominasi langit malam. Keajaiban alam itu hanya bisa ditemukan di bagian bumi utara. Negara mana saja di dunia yang menawarkan pertunjukan megah cahaya aurora di langit?

1. Islandia

Islandia adalah rumah bagi pemandangan alam terindah di dunia termasuk aurora borealis. Turis berkunjung ke Islandia khusus untuk menyaksikan cahaya utara dengan mata kepala mereka sendiri. Cahaya hijau, kuning, merah muda, ungu dan putih yang memutar di langit malam Islandia adalah atraksi yang diburu wisatawan.

Untuk menyaksikan aurora borealis Anda tidak perlu bertualang ke lanskap terpencil. Cukup kunjungi Reykjavik, Anda sudah bisa menemukan sang fajar utara. Aurora borealis paling terang dapat dilihat dari kota-kota di Islandia bahkan saat langit berawan tipis sekalipun. Saat langit cerah bersiaplah menyaksikan pertunjukan cahaya yang mengagumkan.

langit bersinar warna-warni. Foto: Icelandnaturally

Mau sedikit bertualang, coba kunjungi Thingvellir atau Threngsli. Meski kurang terkenal dibanding Reykjavik, kedua tempat itu adalah lokasi favorit para fotografer untuk menangkap foto cahaya utara yang sempurna.

Di Islandia, banyak tur yang menawarkan paket wisata menyaksikan aurora borealis. Biasanya pada musim dingin, mulai pertengahan bulan September sampai akhir Maret setiap tahun.

Jika berkunjung ke islandia bulan Oktober hingga Maret maka peluang berjumpa dengan cahaya utara lebih besar, karena waktu malam lebih panjang dan aurora banyak muncul.

2. Finlandia

Finlandia adalah salah satu daerah terbaik di dunia untuk melihat cahaya utara. Di Finlandia Selatan, aurora borealis terlihat sekitar 10-20 malam setahun. Aurora borealis biasanya muncul sekitar pukul delapan malam hingga tiga pagi. 

Lapland Utara adalah tempat terbaik di Finlandia untuk melihat cahaya utara. Sebagian besar turis umumnya pergi Kakslauttanen dan Rovaniemi. Saat Anda di Rovaniemi, ikut tur cahaya utara dan pergilah ke alam liar. Lengkapi diri dengan jaket hangat, syal, penutup kepala, sarung tangan dan kaos kaki karena suhu di Rovaniemi bisa mencapai -4 °C hingga -30 °C.

Banyak fotografer profesional, amatir maupun petualang alam berani menantang dingin demi bisa memotret pijaran cahaya aurora yang menakjubkan.

Pertunjukan langit di musim dingin. Foto: visitfinland

Isle of Skye, Berwick Utara dan Mercusuar Barns Ness juga menawarkan titik pandang yang bagus untuk melihat aurora borealis. Banyak pengunjung memilih menggunakan jasa tur berpemandu untuk mendapatkan pengalaman wisata cahaya utara terbaik.

September hingga Maret merupakan puncak musim turis di Finlandia. Biasanya akomodasi cepat habis dan harga wisata melambung tinggi. Jadi pesan tiket, penginapan dan tur untuk melihat cahaya utara di Finlandia jauh-jauh hari.

3. Swedia

Wilayah Lapland Swedia merupakan salah satu tempat terbaik melihat aurora borealis. Lapland terletak di bagian utara Swedia, membentang dari Sorsele dan Skellefteå di provinsi Västerbotten. Wilayah arktik ini terdiri dari pegunungan, hutan, sungai liar, rawa-rawa, kepulauan dan mencakup seperempat negara Swedia.

Lapland Swedia dikenal sebagai negeri ajaib musim dingin, “Negeri Matahari Tengah Malam” dan tempat terbaik untuk menonton aurora. Langit menjadi hidup saat garis-garis merah muda, hijau, dan ungu menyebar melintasi langit malam.

Cahaya utara memukau di Swedia

Untuk melihat keindahan cahaya utara di Lapland Swedia datanglah ke Kiruna, aurora sky station, Jukkasjarvi. Porjus, Laponia dan Taman Nasional Abisko antara awal September hingga akhir Maret. Malam musim dingin yang panjang di bulan Januari disambut pengunjung dengan menyaksikan pertunjukan cahaya aurora yang luar biasa.

Resor Arktik Kakslauttanen juga diklaim sebagai tempat terbaik menyaksikan atraksi cahaya utara. Resor Kakslauttanen menawarkan kabin kayu nyaman yang indah sehingga pengunjung betul-betul merasakan sensasi Swedia sebagai negeri ajaib musim dingin yang luar biasa.

4. Norwegia

Aurora borealis adalah salah satu atraksi yang paling banyak dicari di Norwegia. Banyak wisatawan menyewa mobil dari Kota Oslo dan Bergen untuk berburu cahaya aurora di kota Alta, Tromsø, Bodø, Lyngenfjord, dan Svalbard. Kota-kota itu menyajikan panorama cahaya utara yang indah.

Alta dan Tromsø adalah daerah pesisir di wilayah utara Norwegia. Wilayah ini disebut lokasi terbaik untuk melihat aurora borealis. Alta dikenal sebagai ‘Kota Cahaya Utara’. Kota kecil ini diapit oleh pegunungan dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk berjumpa aurora borealis.

Tahun 1899 Alta dianggap sebagai tempat terbaik mempelajari Cahaya Utara. Bahkan observatorium untuk mengamati dan mengukur aurora borealis dibangun khusus di Alta. Jika berada di Alta sempatkan berkunjung ke Museum Alta.

Tromsø dikenal sebagai “Ibu kota Arktik”. Banyak turis mengikuti tur arora borealis di kota ini. Kapal pesiar berlabuh dan suasana wisata cahaya utara begitu semarak. Di Tromsø wisatawan bisa menyaksikan pertunjukan cahaya langit yang spektakuler. Dari segi pengalaman, konon Tromsø sulit ditandingi.

Cahaya hijau dramatis. Foto: Thelondoneconomics

Norwegia adalah negara yang menawarkan pertunjukan cahaya langit terbesar di dunia. Untuk berburu cahaya utara di Norwegia Anda juga bisa mendatangi Lyngenfjord. Lyngenfjord berada tak jauh dari Tromsø dan sering dianggap sebagai tempat alternatif terbaik untuk menonton aurora borealis.

Topografi Lyngenfjord bergunung-gunung, di tempat inilah banyak foto aurora borealis yang bagus diambil dari tempat ini. Umumnya petualang alam tinggal beberapa malam di Lyngenfjord untuk bisa menikmati cahaya aurora menari di antara pegunungan yang menjulang tinggi.

Selain di bagian utara, Anda juga bisa menemukan aurora borealis di selatan Nowegia. Di Bodø, banyak wisatawan menuju Gunung Rønvik untuk berburu cahaya utara. Pemandangan indah auroa borealis juga bisa disaksikan dari dermaga kota.

Tempat lain untuk melihat aurora borealis adalah Svalbard, sebuah pulau yang posisinya berada antara kutub utara dan Norwegia. Wilayah Svalbard hampir diselimuti malam dan hanya menyisakan sedikit siang. Bahkan bulan November hingga Februari wilayah Svalbard gelap total selama 24 jam. Artinya peluang menyaksikan aurora borealis sangat besar.

5. Greenland

Jika Anda bermimpi menyaksikan aurora borealis, datanglah ke Greenland. Greenland adalah negara yang terletak di antara Samudra Arktik dan Atlantik atau berada di sebelah timur Kepulauan Arktik, Kanada. Negara dengan pulau terbesar di dunia itu menawarkan pemandangan terbaik aurora borealis selama musim dingin.

Kangerlussuaq dianggap sebagai tempat terbaik menyaksikan aurora borealis di Greenland, karena lokasinya persis di pusat sabut cahaya utara. Selain itu iklim di Greenland juga cenderung stabil. Langit di Greenland cerah hampir sepanjang tahun sehingga pengunjung bisa lebih beruntung menyaksikan aurora. Greenland juga memiliki kualitas udara yang bersih tanpa polusi sehingga bisa melihat aurora dengan jelas.

Ibukota Nuuk adalah lokasi yang ideal untuk melihat pijaran unik cahaya utara. Sekitar tengah malam saat langit cerah, ada banyak sekali penampakan aurora. 

Di wilayah selatan Greenland, hari cenderung lebih cepat gelap dibanding wilayah lain sehingga cocok bagi mereka yang ingin melihat aurora tanpa harus begadang. Selain di Kangerlussuaq dan Nuuk, cahaya utara juga bisa saksikan di East Greenland dan Disko bay. 

panorama aurora spektakuler

Keindahan auora dapat dilihat saat langit gelap terutama di akhir musim panas dan awal musim gugur. Namun waktu terbaik untuk menyaksikan aurora borealis di Greenland adalah saat musim dingin yakni di bulan November hingga April. Di saat itulah cahaya aurora warna-warni muncul jelas dan menari sepanjang malam.

Aurora borealis adalah pengalaman Arktik klasik dan sangat menakjubkan di Greenland.

6. Skotlandia

Skotlandia turut menawarkan panorama cahaya utara yang memukau. Bagian utara Skotlandia menawarkan peluang yang lebih baik untuk melihat aurora borealis. Secara geografis, Skotlandia Utara terletak pada garis lintang yang sama dengan Stavanger di Norwegia dan Pulau Nunivak di Alaska. Saat malam cerah muncul pemandangan aurora borealis yang spektakuler.

Beberapa tempat terbaik untuk melihat keajaiban aurora borealis di Skotlandia adalah Shetland, Orkney dan Caithness, Aberdeenshire, Moray Coast, Rannoch Moor dan Perthshire, Cairngorms, Galloway Forest Park, Rannoch Moor, Perthshire, Angus, pantai Fife, Applecross, Lochinver, dan utara Ullapool.

Keajaiban langit. Foto: Countrylivingmagazine/ Marc_Hilton/Getty Images

Di semenanjung Trotternish Skye dan Shulista Croft Wigwams adalah tempat yang nyaman untuk menjelajahi ujung utara pulau. Skye adalah rumah dari sembilan Situs Penemuan Langit Gelap yang menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk melihat bintang dan berburu cahaya utara di Skotlandia. 

Jika beruntung aurora borealis bahkan bisa disaksikan di pantai. Aurora borealis menerangi Mercusuar Barns Ness yang berlokasi dekat Dunbar di East Lothian. Mercusuar Barns Ness sudah ada sejak 1901.

Jika aurora muncul sangat kuat, kadang-kadang terlihat di ibu kota Edinburgh. Beberapa titik pandang terbaik ada di Calton Hill, Blackford Hill dan Arthur’s Seat. JIka mata tetap terjaga hingga dini hari maka peluang melihat sang fajar utara sangat besar.

Waktu terbaik menyaksikan cahaya utara di Skotlandia adalah saat musim gugur dan musim dingin. Manfaatkan periode kegelapan dan malam yang lebih cerah selama puncak musim dingin untuk melihat aurora borealis. Jika kondisi sempurna dan langit bersinar dengan warna indah, siapkan kamera untuk membidik cahaya aurora terbaik di Skotlandia.

7. Kanada

Tur cahaya utara adalah salah satu atraksi wisata yang paling banyak peminatnya di Kanada. Beberapa tempat di Kanada yang dianggap sempurna untuk menyaksikan aurora borealis adalah Whitehorse-Yukon,Yellowknife, Iqualuit-Nuvanut, Churchill-Manitoba, Tuktoyaktuk, Pegunungan Rocky, Taman Nasional Banff, Taman Nasional Jasper, Kuujjuaq,dan Saskatchewan di utara Saskatoon. Wisatawan bisa menyewa jasa tur cahaya utara berpemandu dengan durasi lima hari hingga dua minggu.

Whitehorse ibu kota Yukon adalah urutan teratas lokasi untuk melihat aurora borealis di Kanada. Selain garis lintangnya, lokasi Whitehorse mudah diakses untuk melihat cahaya utara. Banyak tur cahaya utara berangkat dari Whitehorse setiap hari selama musim dingin. Area pemandangan populer lainnya adalah Danau Laberge di pinggiran Whitehorse.

Di Whitehorse tersedia beberapa hotel yang khusus menyediakan fasilitas wisata cahaya utara. Di hotel Nothern Lights Resort & Spa, pengunjung bisa memesan chalets atau pondok kabin kayu berjendela kaca besar. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan aurora melalui chalets tanpa halangan di ruangan yang hangat dan nyaman. 

Yellowknife adalah salah satu lokasi paling terkenal untuk menikmati fenomena alam aurora borealis di Kanada. Dengan lanskap datar dan posisinya tepat di bawah aurora oval kemungkinan 90% pengunjung bisa melihat cahaya utara saat langit malam cerah.

Di Yellowknife tersedia hotel dan aktivitas yang berhubungan dengan wisata cahaya utara.

Fasilitas bintang lima wisata cahaya utara. Foto: Martina Gebrovska

Di Saskatchewan, Saskatoon, atraksi cahaya utara sering muncul di kota kecil Melfort. Dengan alasan itu orang banyak menyebut melfort sebagai “Kota Cahaya Utara”. Tempat lain untuk memulai petualangan aurora borealis di Saskatchewa adalah La Ronge. Tak berlebihan jika slogan Saskatchewan adalah “Negeri Langit yang Hidup”.

Tempat lain untuk melihat cahaya utara di Kanada adalah British Colombia/ Alberta dan pegunungan Rocky. Pegunungan Rocky, Taman Nasional Banff dan Taman Nasional Jasper berada di lintang rendah dan menjadi tempat terbaik berburu aurora borealis.

Nuvanut, wilayah terpencil yang terletak di kawasan Arktik Quebec. Nuvanut merupakan salah satu tempat terdingin dengan suhu rata-rata -10 °C hingga -32 °C. Tapi di sinilah sekaligus tempat sempurna untuk menciptakan petualangan aurora borealis. 

Cahaya utara biasanya terlihat di Iqaluit, ibu kota Nuvanut antara bulan Oktober dan April.  Di Iqaluit waktu malam relatif lebih panjang dibanding siang yang rata-rata hanya empat jam sehari. Namun saying infrastruktur wisata di Nuvanut sangat minim.

Churchill di Manitoba utara adalah tujuan cahaya utara lainnya di Kanada. Tak hanya dikenal sebagai “ibu kota beruang kutub” di dunia, Churchil adalah rumah bagi cahaya aurora.Churchill berada di zona auroa, membuat cahaya utara terlihat hingga 300 malam dalam setahun. Frekuesi kemunculan aurora yang sering di Churchill menjadikan “kota beruang kutub” itu salah satu tempat teratas di dunia untuk melihat fenomena spektakuler langit.

Yang menarik, di Churchill tersedia paket tur khusus yang menggabungkan dua aktivitas dalam satu perjalanan yakni menyaksikan atraksi cahaya utara sekaligus tamasya menonton beruang kutub. Biasanya atraksi wisata unik itu berlangsung antara bulan September dan November.

Kanada adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat fenomena alam auroa borealis di Amerika Utara.

8. Amerika Serikat (Alaska)

Sabuk aurora di Arktik Alaska termasuk yang paling aktif di dunia sehingga cahaya utara itu muncul di setiap wilayah di Alaska. Aurora borealis mendominasi langit Alaska dengan tampilan mempesona yang tidak tertandingi di mana pun di dunia.

Fairbanks sering dipuji penjelajah alam sebagai lokasi sempurna untuk menonton cahaya aurora kelas dunia. Fairbanks berjarak sekitar 241 kilometer selatan Lingkaran Arktik. Aurora sering muncul karena garis lintang Fairbanks persis di bawah oval aurora.

Fairbanks bisa diakses melalui Bandara Internasional Fairbanks. Di Fairbanks mudah mendapatkan akomodasi dan logistik perjalanan. Banyak penginapan dan kegiatan tur khusus cahaya utara yang bisa dipilih di Fairbanks, termasuk tur ke area pengamatan seperti Murphy Dome atau Danau Chena. Di Fairbanks pengunjung dapat menyewa kendaraan roda empat atau mengejar aurora borealis sendiri.

Cahaya aurora di Fairbanks, Alaska. Foto: Andy Witteman

Tempat lain untuk menonton pertunjukan aurora adalah Anchorage, kota terbesar Alaska. Pengunjung bisa melihat cahaya aurora menakjubkan di Anchorage dengan berkendara sekitar tiga jam ke selatan Fairbanks. Untuk benar-benar melihat cahaya aurora, pengunjung harus keluar sedikit dari kota pesisir selatan.

Waktu terbaik untuk melihat cahaya utara di Anchorage adalah bulan September dan Maret saat suhu tidak turun terlalu jauh di bawah nol. Pastikan membawa tripod dan kamera yang bagus untuk bisa memotret cahaya megah aurora.

Bergeser dari Anchorage, pengunjung bisa mendatangi Taman Nasional Denali yang terkenal dengan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara. Berada di antara Anchorage dan Fairbanks, Taman Nasional Denali dikenal sebagai tempat sempurna melihat Cahaya Utara. 

Kota terpencil Nome juga tak kalah menarik. Di sini, pengunjung akan terpesona dengan cahaya Utara yang menghiasi langit. Berburu aurora borealis di Nome, pengunjung sekaligus bisa merasakan suasana tinggal di pedesaan Alaska. Untuk bisa pergi ke Nome, terbang dari Anchorage menggunakan Alaska Airlines. Jadwal penerbangan tersedia setiap hari dari Anchorage ke Nome.

Selain Nome, lokasi terbaik berburu cahaya utara di Alaska adalah Barrow. Barrow adalah kota kecil yang terletak sekitar 530 meter sebelah utara Lingkaran Arktik. Di kota Barrow pengunjung bisa melihat pertunjukan aurora dengan mengikuti tur. Sebelum ke Barrow, Anda harus berani menghadapi suhu yang sangat dingin.

Pengalaman unik aurora borealis di Alaska adalah salah satu yang terbaik di dunia. Konon wisata cahaya utara tidak lengkap jika belum ke Alaska.

COPYRIGHT ©cutitips 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.