Pad thai noodles in white plate - thai food

Pad Thai, Street Food Lezat Kebanggaan Thailand

Ke Thailand tak lengkap jika tidak kulineran. Ungkapan itu mungkin benar adanya. Banyak makanan lezat di Thailand yang menggoyang lidah. Salah satu yang wajib dicoba adalah pad thai. Pad thai adalah mi tumis khas Thailand yang menggugah selera. Bercita rasa autentik dan dianggap sebagai lambang masakan Thailand. 

Apa sebenarnya yang istimewa dari pad thai?

Keistimewaan pad thai terletak pada kombinasi bumbu dan keseimbangan rasanya. Saat menyantap pad thai, Anda dapat menikmati empat rasa berbeda sekaligus yakni asin, asam, manis, dan pedas. Hidangan tradisional itu disukai tak hanya warga Thailand tetapi juga masyarakat dunia.

Pad Thai memang nikmat, tapi tak banyak orang tahu, pad thai memiliki sejarah unik sebagai makanan nasional. Pad thai adalah ekspresi budaya yang mewakili identitas bangsa Thailand. Dalam sejarahnya, masakan pad thai adalah simbol patriotisme yang mempersatukan bangsa Thailand.

Yuk, kenali rasa dan kelezatan pad thai sambil menjelajahi sejarah di baliknya.

Mi tumis a la Thailand

Pad thai (dilafalkan “paht thai”) secara harfiah berarti “tumis Thailand”. Jika diurai pad artinya menumis dan thai berarti Thailand. Pad thai adalah hidangan mi beras yang ditumis dengan sayuran, telur, tahu, ikan, udang, bawang putih, kuah asam, cabai merah dan gula aren. Makanan klasik ini biasanya disajikan dengan potongan jeruk nipis, tauge, lobak asin (diawetkan) dan kacang panggang cincang.

Pad thai memiliki tiga rasa utama yaitu asin, asam, dan manis. Ketiga rasa itu bercampur tanpa salah satu rasa yang mendominasi. Rasa yang keempat, pedas berasal dari cabai yang ditambahkan sebagai pelengkap rasa. Pad thai bisa disajikan dengan ikan, daging, ayam, kepiting, telur atau bahkan lobster. Ada daerah tertentu di mana koki menyajikan pad thai menggunakan daging babi dan lemak babi sebagai bahan racikan utama.

Bagian terpenting dari masakan pad thai adalah saus. Saus pad thai asli menggunakan resep campuran kecap ikan, air, gula aren dan asam yang dimasak menjadi sirup kental. Saus pad thai memberikan sentuhan akhir rasa yang nikmat dengan kilau kuning yang menggoda selera.  

Di Thailand, pad thai adalah hidangan paling terkenal dari masakan Thailand. Tak hanya dijual di jalan-jalan, pad thai disajikan di restoran-restoran dengan ragam kreasi dan versi menu berbeda.

Tak cuma berjaya di negeri sendiri pad thai bahkan populer di dunia. Pad thai tersedia di restoran-restoran Thailand di luar negeri. Ada puluhan ribu restoran Thailand yang beroperasi di dunia antara lain di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia. Bahkan di beberapa negara pad thai dikemas sebagai makanan siap saji yang bisa dihangatkan di microwave.

Pad thai, menu populer di Thailand. Foto: 2mrsirapho

Bukan asli Thailand

Konon mi tumis di Thailand sudah ada sejak berabad-abad lalu sejak jaman Kerajaan Ayutthaya. Banyak versi menyebut ‘mi tumis’ pad thai bukan asli dari Thailand melainkan dari China. Gaya memasak ‘menumis’ diyakini pertama kali ditemukan oleh orang China. Pedagang dari China Selatan membawa resep masakan mereka saat datang dan bermukim di Thailand. Menu mi tumis lambat-laun berevolusi menjadi cita rasa tradisional Thailand.

Asal-usul pad thai Makanan yang kemungkinan berasal dari China diperkuat dengan nama lengkap pad thai yakni kway teow pad thai. Dalam bahasa China, kway teow atau kwetiau berarti bihun pipih lebar yang terbuat dari beras. Daging dan sayuran yang dimasak untuk pad thai menyerupai hidangan yang disiapkan oleh orang Kanton dan Tae Chiew (Chao Zhou dalam bahasa Mandarin) dari provinsi Guangdong di China Timur. Meski demikian, rasa dan tekstur pad thai murni Thailand. Kuncinya terletak pada keseimbangan rasa manis, asam, dan asin yang menjadi elemen penting dalam semua masakan Thailand.

Meski pad thai dihubungkan kuat berasal dari warisan China versi lain meyakini pad thai adalah makanan yang berasal dari Vietnam. Bihun beras tipis yang diperkenalkan dari provinsi Chanthaburi di timur Thailand dekat dengan perbatasan Kamboja-Vietnam mirip dengan yang digunakan dalam hidangan mi Vietnam pho.

Empat rasa bercampur jadi satu. Foto: Jcomp

Makanan patriotik

Di era 1930-an Thailand menghadapi krisis kekurangan beras. Beras sulit didapat namun bihun beras mudah ditemukan. Dalam keadaan sulit Pemerintah Thailand mendorong masyarakat mengonsumsi bihun sebagai gantinya. Selain harganya murah bihun mengenyangkan.

Pada era Perang Dunia II, Pad Thai mulai dikembangkan sebagai hidangan nasional. Kompetisi nasional digelar untuk menciptakan mi khas Thailand. Dalam kompetisi muncul semangat nasionalisme untuk mengubah versi masakan mi yang berasal dari China menjadi lebih bercita rasa Thailand. Saat itu pad thai dibuat dalam bentuk yang paling sederhana menggunakan bihun beras, tauge, telur, lobak asin, kacang tanah dan kuah asam. Bumbu lokal ditambahkan untuk menciptakan rasa khas Thailand.

Melalui kompetisi masak tingkat nasional pemerintah berharap bisa membantu masyarakat Thailand yang dilanda kesusahan. Pemerintah Thailand di bawah Perdana Menteri Plaek Phibunsongkhram (Phibun) mendorong agar masakan mi tumis dijadikan sebagai salah satu makanan nasional. Ia mempromosikan masakan kway teow pad thai yang dicampur dengan sayuran dan udang untuk meningkatkan pola makan masyarakat bergizi.

Benar saja, semenjak mi tumis dipromosikan, pola makan warga meningkat drastis. Warga beralih dari mengonsumsi nasi dengan nam prik (pasta cabai), daun dan garam mulai menyantap mi tumis. Pad thai sangat populer di kalangan orang Thailand. Mengonsumsi pad thai di jaman itu dianggap sebagai tindakan patriotik.

Menu promosi pad thai. Foto: expique

Pada 1940-an, Thailand kembali dilanda musibah. Bencana banjir menerjang wilayah Thailand termasuk seluruh Bangkok. Wabah penyakit bermunculan dan orang-orang ketakutan. Dalam situasi itu PM Phibun mengalakkan makanan sehat ke masyarakat. Ia mengampanyekan agar warga makan mi kukus panas yang dimasak dalam wajan. Dengan alasan kesehatan Perdana Menteri Phibun merencanakan pad thai masuk sebagai makanan nasional.

Untuk membantu memopulerkan hidangan mi baru pemerintah memberi resep dasar pad thai dan mendorong para pedagang menjual pad thai menggunakan gerobak keliling yang dilengkapi bahan dan peralatan masak. Pedagang menjajakan pad thai di jalanan Bangkok. Seketika pad thai populer dan menjadi makanan khas jalanan Bangkok.

Dari jalan-jalan kota Bangkok resep pad thai menyebar hingga ke desa-desa di Thailand. Pad thai dijual di soi atau gang-gang perumahan dengan cara tradisional yakni dibungkus daun pisang dan dilapisi kertas koran yang diikat dengan tali agar mudah dibawa pulang. Pad thi menjadi makanan istimewa dan populer di Thailand selama Perang Dunia II.

Simbol persatuan

Warga Thailand sangat menikmati pad thai. Selain enak pad thai juga bergizi. Mi yang dicampur dengan sayuran dan udang kaya nutrisi. Untuk memperkuat ekonomi nasional PM Phibun mengeluarkan dekrit tahun 1939-1942. Isi dekrit tersebut antara lain menanamkan citra dan kebanggaan nasional serta meningkatkan pola makan nasional bernutrisi.

PM Phibun banyak menuai pujian karena berhasil memopulerkan resep pad thai secara nasional. Dengan mempromosikan hidangan “mi tumis” pad thai sebagai makanan nasional Pemerintah Thailand turut mengembangkan sebagian dari identitas negara.

Harapan Perdana Menteri Phibun agar warga Thailand merasa bersatu sebagai satu bangsa melalui menu masakan autentik Thailand nyatanya benar-benar terwujud. Pad thai tak sekadar nutrisi tapi juga simbol persatuan.

Sajian pad thai di restoran. Foto: cutitips

Resep pad thai asli masih bertahan hingga kini. Menu pad thai original banyak dijual di Thailand. Beberapa restoran sudah memodifikasi resep pad thai dengan campuran bahan dan bumbu lain agar rasanya lebih beragam. Bahkan kini tersedia versi pad thai vegetarian yang mengganti kecap ikan, udang dan ayam dengan kaldu jamur, dan rumput laut.

Pad thai vegetarian. Foto: Craftsy

Masyarakat Thailand boleh berbangga karena Pad thai telah mendunia. Pad thai masuk dalam daftar 50 hidangan terlezat di dunia bersama dengan masakan Thailand lainnya. Penghargaan itu semakin mengukuhkan Thailand sebagai salah satu tujuan wisata kuliner dunia. 

COPYRIGHT ©CUTITIPS 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.