Tantangan Terbesar Solo Traveling dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pikir solo traveling atau melancong sendirian itu sulit, Anda benar. Perjalanan solo tidak sepenuhnya mudah. Kebanyakan orang hanya melihat bagian yang menyenangkan dari perjalanan solo di internet atau di media sosial.

Sejatinya ada banyak tantangan, rintangan, dan hambatan yang dihadapi pelancong saat bepergian sendirian. Tantangan bahkan muncul sebelum perjalanan dimulai. Merencanakan dan mengatur segala sesuatunya sendiri mulai dari memilih destinasi, akomodasi, membeli tiket pesawat dan merancang jadwal perjalanan adalah perjuangan yang membutuhkan banyak energi, waktu dan biaya.

Apa saja tantangan terbesar yang dihadapi pelancong solo saat bepergian sendirian?

Biaya lebih besar

Jika bepergian dengan kawan atau keluarga biaya akomodasi, tur dan transportasi bisa ditanggung bersama. Namun saat solo traveling, semua biaya atau ongkos perjalanan dibayar sendiri yang artinya pengeluaran menjadi jauh lebih besar. Carilah maskapai penerbangan, hotel, dan tur yang memberikan diskon atau penawaran terbaik supaya bisa menghemat pengeluaran perjalanan.

Keamanan

Saat solo traveling, keselamatan diri adalah prioritas. Ketika bepergian sendirian, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keselamatan diri, uang, dan barang-barang pribadi. Jadilah pelancong pintar dengan berhati-hati dan tanggap terhadap segala situasi. Ikuti naluri dan firasat diri serta waspadai lingkungan sekitar. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari masyarakat sekitar dan polisi.

Kesepian

Fase perjalanan solo biasanya diawali hal yang menyenangkan karena di saat itulah pelacong benar-benar merasa nyaman dengan keberadaan diri sendiri. Tetapi jika bepergian sendirian terlalu lama, lebih dari 5 minggu misalnya beberapa pelancong mengaku mulai merindukan teman-teman dan keluarga. Tidak saja rindu bertemu, mereka rindu berbagi kebahagiaan bersama saat traveling. Tapi jika sudah terbiasa, pelancong solo biasanya bisa mengatasi rasa sepi saat di perjalanan.

Target penipuan

Saat bepergian sendirian, pelancong solo lebih rentan menjadi sasaran penipuan. Penipu umumnya menargetkan pelancong solo daripada pelancong dalam grup karena menipu satu orang relatif lebih mudah dibanding harus menipu banyak orang dalam waktu bersamaan. Jadi waspadalah. Jangan mudah atau cepat percaya dengan orang lain. Dan berhati-hatilah terutama di tempat wisata populer. Pelajari, riset dan carilah informasi sebanyak-banyaknya secara daring.

Melelahkan

Solo traveling membutuhkan waktu, tenaga dan kesabaran. Jika pelancong solo tidak terbiasa mengatur dan mempersiapkan segala sesuatunya sendiri maka masalah bisa timbul. Terlebih bagi pelancong solo amatir yang tidak mengetahui seluk-beluk perjalanan solo. Potensi kesulitan muncul mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pelaksanaan.

Jika ingin menjadi pelancong solo maka bersiaplah bertanggung jawab penuh atas segalanya meski terkadang itu melelahkan secara fisik maupun mental.

Jatuh sakit

Sakit saat melancong sendirian adalah mimpi buruk. Di sinilah momen terlemah dan fase tersulit selama solo traveling. Anda merasa tidak berdaya dan kesepian karena tidak ada bantuan dari orang lain. Tidak ada keluarga ataupun orang terdekat yang mendampingi pada masa sulit itu.   

Menjaga kesehatan saat bepergian sendirian adalah perjuangan. Cara terbaik untuk menghadapi tantangan ini adalah memperhatikan kondisi badan. Menjaga kesehatan dan berhati-hati dengan apa yang dimakan. Bawa obat-obatan lengkap yang mungkin dibutuhkan dan beristirahatlah dengan cukup. Mencegah lebih baik daripada mengobati.  

Hambatan bahasa dan budaya

Hambatan komunikasi bisa muncul karena perbedaan bahasa dan budaya. Ada kalanya pelancong terpaksa berkomunikasi dengan bahasa tubuh agar komunikasi bisa dipahami semudah mungkin. Pelajari sedikit bahasa lokal di negara tujuan dan pasang aplikasi alat penerjemah digital di gawai untuk membantu Anda berkomunikasi dan berinteraksi lebih baik dengan masyarakat setempat.

Membuat keputusan sendiri

Solo traveling memaksa pelancong memutuskan sendiri ke mana harus pergi, menggunakan transportasi apa, berapa lama dan apa yang akan dilakukan. Termasuk apakah harus mengunjungi museum, pantai, ke wilayah pegunungan atau mau mencicipi makanan apa dan di restoran mana.

Perjalanan solo mendorong pelancong membuat keputusan kecil hingga besar setiap hari. Jika Anda tidak terbiasa membuat keputusan sendiri, kemungkinan besar perjalanan solo akan membebani.

Tidak ada yang mengambil foto

Solo traveling mengharuskan pelancong melakukan segala sesuatunya termasuk mengambil foto sendiri. Kesulitan mengatur kamera atau posisi kamera handphone saat memotret sendiri adalah tantangan yang umum dihadapi pelancong solo.

Bepergian sendiri memaksa pelancong menguasai teknik foto selfie. Gunakan bantuan seperti tongsis, atau phone holder untuk membantu Anda mengambil foto diri. Sesekali boleh meminta bantuan wisatawan atau orang lain untuk memoto Anda.

Bencana alam dan situasi tak menentu

Ada beberapa pengalaman di mana pelancong solo terjebak pada situasi sulit seperti bencana alam banjir, tanah longsor atau gunung meletus. Beberapa mungkin berada dalam situasi kerusuhan atau situasi politik yang tidak menentu di suatu negara. Jika Anda terjebak dalam situasi seperti itu cari lokasi yang aman sedini mungkin. Ikuti arahan otoritas terkait dan selalu pantau situasi dengan cermat.  

Solo traveling menantang tapi sangat berharga. Menarik Anda keluar dari zona nyaman dan menyediakan ruang eksplorasi. Mengenali lebih dalam kekuatan dan kelemahan diri serta menguji batas kemampuan seseorang untuk bertahan.

Jangan biarkan tantangan, hambatan dan rintangan membuat Anda takut melancong sendirian. Terima tantangan untuk bisa merasakan petualangan.

Apakah Anda bersedia menghadapi tantangan ini?

COPYRIGHT ┬ęcutitips 2021

2 thoughts on “Tantangan Terbesar Solo Traveling dan Cara Mengatasinya

  1. Keren jeng. Ini sih pengalaman diri jeng sendiri. Sering solo travelling . Aku lebih suka kalau traveling ke negara lain bareng teman. Jd ada teman diskusi untuk memilih destinasi yg akan dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.