Lima Negara di Eropa yang Punya Julukan Unik

Apakah Anda tahu negara di Eropa yang dijuluki ‘Negeri seribu danau’? ‘Negeri heksagon atau segi enam’ atau ‘Negeri Penyair dan Pemikir’? Pernah juga mendengar negara yang dijuluki ‘Negeri api dan es’?

Beberapa negara di dunia punya julukan unik karena alasan tertentu. Dan alasan itu layak ditelusuri. Yuk, bergabung bersama cutitips mengungkap cerita dibalik nama alias atau julukan khas negara-negara di Eropa.

Eropa

Eropa sering disebut sebagai ‘benua biru’ atau ‘benua tua’ tempat negara-negara besar berkumpul sekaligus memiliki julukan khusus. Perjalanan menelusuri alasan dibalik julukan unik negara-negara di Eropa kita mulai dari Islandia.

1. Islandia – Negeri Api dan Es

Islandia mengawali negara di Eropa dengan julukan yang mengesankan, “Negeri api dan es”. Aspek menarik dari Islandia adalah secara geologi bentangan alam Islandia sangat ekstrim. Sebagian lanskap Islandia adalah tanah gunung berapi yang diselimuti gletser dan salju.

Terletak di rangkaian pegunungan terpanjang dan terluas di dunia dengan posisi di tengah-tengah Samudra Atlantik, Islandia menawarkan pesona alam spektakuler. Penjelajah bisa menemukan zona gletser, gunung es dan mata air vulkanik yang letaknya berdekatan. Keunikan inilah yang membuat panorama Islandia sangat ikonik.

Lanskap salju. Foto: wirestock
Gletser dikelilingi bukit-bukit tertutup salju. Foto: Wirestock

Islandia lahir dari letusan gunung berapi. Ada lebih dari 125 gunung vulkanik di Islandia dan di antaranya masih sangat aktif. Beberapa lanskap yang terbentuk akibat letusan gunung berapi konon ada yang menyerupai bulan. Kabarnya ada kisah yang mengaitkan antara Neil Armstrong, astronot asal Amerika Serikat dengan Islandia. Saat Neil Armstrong menginjakkan kaki di Bulan tahun 1969, Ia mengira tengah berada di Islandia.

Panorama epik gunung Islandia. Foto: wirestock
lanskap menyerupai bulan. Foto: Veenaworld

Warga Islandia punya nama panggilan sendiri untuk negerinya. Julukannya berbeda-beda mulai dari ‘Ratu gunung’, ‘Tanah salju’, ‘Lapisan es’ hingga ‘Wanita muda dari gletser’. Nama alternatif unik itu tampaknya tepat mewakili Islandia sebagai “Negeri api dan es”.

2. Jerman – Negeri Penyair dan Pemikir

Bangunan antik di Dresden. Foto: rawpixel/pixabay

Jerman adalah negara dengan reputasi mengagumkan di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Banyak penyair, filsuf, musisi, seniman dan penemu-penemu hebat berasal dari Jerman. Beberapa tokoh Jerman sangat ikonik. Pencapaian dan karyanya di bidang sains, filsafat, seni, dan musik banyak memengaruhi dunia.

Unggul di bidang sains

Di bidang sains, Jerman memiliki Albert Einstein. Einstein adalah seorang ilmuwan fisika luar biasa. Ia menjadi simbol kecerdasan dan manusia jenius di Bumi. Einstein lahir di Wurttemberg, Jerman. Ketenaran Einstein bahkan disebut melampaui kepopuleran semua ilmuwan dalam sejarah dan budaya populer. Kehebatan Einstein dalam penemuan teori relativitas umum dinilai lebih dari sekedar sains. Einstein menemukan batasan sains dan seni sebagai bentuk pencapaian imajinasi kreatif. Ia menulis persamaan yang menghubungkan ruang, waktu, materi, dan gravitasi di mana konsepsinya dinilai seindah soneta Shakespeare yang ditulis dalam bahasa universal matematika.

Si jenius Albert Einstein. Foto: pixabay

Piawai dalam sastra dan filsafat

Selain sains, Jerman memiliki akar tradisi sastra dan filsafat yang kuat. Banyak ikon budaya terkenal dan ajaran filosofis populer berasal dari Jerman. Jerman memiliki filsuf-filsuf hebat di antaranya Immanuel Kant. Kant adalah seorang filsuf berpengaruh di dunia filsafat modern barat sekaligus akademisi yang menguasai hampir seluruh bidang ilmu. Tak ketinggalan filsuf radikal seperti Karl Marx, Martin Heidegger, Friedrich Engels dan Friedrich Nietzsche.

Di bidang sastra, Jerman membuktikan kepiawaiannya. Beberapa raksasa sastra, penyair, dramawan, ahli teori sastra Jerman menciptakan karya besar yang dikenang dunia seperti Johann Wolfgang von Goethe, Friedrich Schiller, Grimm bersaudara, Hermann Hesse, Günter Grass, Bertolt Brecht, dan Thomas Mann.

Pameran buku Frankfurt. Foto: Getty Images/Hannelore Foerster

Sejarawan memperkirakan tingkat melek huruf di Jerman pada abad ke-16 dan abad ke-18 mendorong tingkat keaksaraan atau literasi yang tinggi di Jerman di abad ke-19. Salah satu buktinya masyarakat Jerman senang dan terbiasa membaca. Mereka memiliki panggilan khusus untuk menyebut orang yang gemar membaca yakni ‘Leseratte’ atau si ‘kutu buku’.

Mumpuni di bidang seni

Kebudayaan Jerman juga erat dengan pencapaian di bidang seni dan musik. Orang Jerman terkenal mumpuni dalam semua bentuk seni, khususnya musik klasik. Beethoven, Bach, Brahms, Schumann, dan Wagner adalah komposer-komposer hebat kelahiran Jerman yang mendapat pengakuan di dunia Barat. Mereka menghadirkan karya luar biasa mengubah lagu untuk orkestra, opera, paduan suara, dan instrumen solo seperti organ atau piano. Opera Jerman populer yang sebagian didirikan oleh Mozart, komposer asal Austria mendapat pengaruh besar dari Wagner.

Tak cuma musik klasik yang berjaya, di era modern musisi Jerman banyak memberikan kontribusi penting pada perkembangan genre musik pop, jazz, metal, techno, dan punk rock.

Ilustrasi: Komposer Beethoven dan Bach. Foto: pixabay

Arsitektur artistik

Jerman adalah rumah bagi museum dan galeri seni. Galeri seni besar ada hampir di setiap kota di Jerman. Untuk harta artistik bangunan Jerman menyimpan peninggalan arsitektur klasik penting gaya Eropa. Kemegahan arsitektur kuno bisa dijumpai di dua belas gereja Romawi di Cologne, Istana Charlottenburg dan Gerbang Brandenburg di Berlin, peninggalan klasik Renaisans Gereja St.Anne di Augsburg, Staatliches Bauhaus di Dessau, arsitektur Barok abad ke-17 di Dresden, Menara Einstein bergaya modern di Potsdam tak ketinggalan Katedral Freiburg Minster bergaya Gotik abad ke-12. Jerman juga memiliki situs berusia 40.000 tahun tempat dua patung figuratif tertua Venus of Hohle Fels dan patung Löwenmensch berada.

Istana Charlottenburg. Foto: Corinna Schenk/pixabay
Katedral gotik Freiburg Minster. Foto: magnify

Kemajuan Jerman di bidang sastra, filsafat, seni, arsitektur memengaruhi cara orang berpikir, memandang dan berinteraksi dengan dunia.  Dengan alasan-alasan tersebut layak kiranya Jerman menyandang julukan “Negeri penyair dan pemikir”. Salut! Bersulang untuk Jerman.

3. Prancis- Negeri Heksagon

Menara Eiffel. Foto: Kstudio

Prancis dikenal sebagai salah satu negara paling romantis di Bumi. Salah satu tempat terindah yang paling banyak diburu untuk tujuan wisata dan bulan madu. Prancis menawarkan destinasi menawan sekaligus pengalaman artistik. Keindahan estetika Prancis patut diperhitungkan. Arsitektur bangunan menyimpan kemewahan dan keindahan yang sulit dibandingkan.

Tak ada keraguan Prancis adalah negara dengan keindahan luar biasa. Siapa pun yang datang ke Prancis akan jatuh cinta dengan Kota Paris. Selain kondang dengan menara Eiffelnya, Prancis juga terkenal memiliki wilayah pegunungan, pantai, dan sungai yang memesona. Secara administratif Prancis terdiri dari 22 wilayah. Dua pertiga wilayah Prancis ditutupi pegunungan dan perbukitan termasuk Pegunungan Alpen, Jura, Vosges dan Pyrenees.

Di Eropa Prancis dikenal dengan julukan khusus yakni ‘Negeri heksagon atau segi enam’. Negara terbesar di Eropa Barat itu dijuluki heksagon karena bentuk batas daratan Prancis mirip segi enam dalam geometri yakni memiliki enam sisi dan enam titik sudut.

Bentuk wilayah Prancis. Foto; pixabay

Sejarawan Amerika Eugen Weber menyebut istilah ‘heksagon’ banyak digunakan penulis Prancis di awal 1960-an untuk menggambarkan Prancis. Yang menarik tahun 1975 sebuah lagu berjudul L’Hexagone dirilis. lagu yang dibawakan penyanyi populer Renaud bertemakan kritik sosial terhadap kehidupan masyarakat Prancis kala itu. lagu L’Hexagone awalnya sempat dilarang diputar di radio nasional.

Julukan heksagon atau L’hexagone sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat Prancis. Heksagon umum digunakan di media massa atau pers, buku dan televisi sebagai ikon atau kiasan untuk menyebut Prancis. Anak-anak di Prancis belajar menggambar peta negara mereka dengan terlebih dahulu menggambar bentuk segi enam.

Peta wilayah Prancis. Foto: kids.nationalgeographic

Prancis sudah lama menjadi pintu gerbang antara wilayah Utara dan Selatan benua Eropa. Dalam peta dunia, batas wilayah Prancis mencakup batas-batas politik negara. Prancis berbatasan dengan Spanyol, Italia, Andorra, Monako, Swiss, Luksemburg, Belgia dan Jerman yang artinya lokasi tepat untuk memulai traveling di Eropa.

4. FinlandiaNegeri Seribu Danau

Ilustrasi: peta Finlandia. Sumber: Alecgrec/pixabay

Finlandia adalah negara Nordik yang menawarkan lanskap unik dan beragam. Banyak wisatawan dunia datang ke negeri yang terletak di Eropa utara ini untuk menikmati keelokan alam yang spektakuler. Apa yang istimewa dari Finlandia? Selain wilayah perbukitan dan hutan hijau yang asri, danau di Finlandia sangat menawan. Finlandia memiliki sekitar 180 ribu danau yang tersebar di penjuru negeri. Dengan jumlah danau yang melimpah Finlandia dijuluki ‘Negeri seribu danau’.

Danau-danau di Finlandia memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Semua itu karena proses perubahan iklim berupa glasiasi atau resesi gletser. Gletser adalah badan es yang sebagian besar terdiri dari salju yang mengkristal. Sekitar 10,000 tahun silam gletser benua menutupi sebagian besar wilayah Finlandia. Saat gletser mencair lapisan es yang bergerak melintasi permukaan bumi menciptakan celah, cekungan, atau kawah yang terisi dengan es yang mencair setelah gletser surut. Efek glasiasi mengubah secara kuat tampilan lanskap Finlandia menciptakan formasi danau unik dengan pemandangan danau yang elok nan biru.

Pesiar Danau

Di Finlandia wisatawan bisa melihat danau dan kolam yang lebih kecil hampir di mana pun berada. Bahkan di pedalaman Finlandia sekitar 10 persen wilayah tertutup air. Beberapa danau di wilayah pedalaman membentuk distrik danau besar di mana pengunjung bisa pesiar danau, berlayar dan berperahu dari satu danau ke danau lainnya.

Saimaa adalah danau terbesar di Finlandia. Terletak di Lakeland, Finlandia timur Saimaa adalah pusat sistem danau besar di Finlandia. Tak hanya menawan, Danau Saimaa juga rumah bagi anjing laut bercincin, hewan terancam punah di dunia. Sebagai danau terbesar Saimaa memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Tahun 2014 Danau Saimaa masuk dalam jajaran lima besar danau terindah di dunia oleh The Wall Street Journal.

Dalam sejarahnya, sebelum muncul era mobil, jalur air adalah jalan raya di Lakeland. Hingga kini jalur air tetap menjadi prasarana terbaik untuk bisa menikmati dan menjelajahi wilayah Finlandia dengan berperahu atau berlayar. Mengunjungi Lakeland sama artinya melakukan perjalanan ke jantung Finlandia.

Pemandangan elok Danau Saimaa, Foto: visitsaimaa

Danau terbesar kedua di Finlandia adalah Danau Päijänne. Danau Päijänne memiliki panorama megah dengan area tengah danau terbuka lebar dan air yang murni. Memiliki kedalaman 95 meter dan panjang 120 kilometer, Danau Päijänne adalah danau terdalam sekaligus terbesar kedua di Finlandia. Danau Päijänne sangat populer sebagai lokasi rekreasi memancing.

Dahulu Danau Päijänne adalah saluran transportasi penting di Finlandia Tengah. Kapal wara-wiri mengangkut penumpang dan barang antar desa. Kini Danau Päijänne dinikmati wisatawan yang berburu keelokan panorama danau. Bagi yang hobi memancing, Danau Päijänne menyediakan tempat pemancingan yang lengkap dengan pemandangan yang menyenangkan. Tentu, tantangan terbesarnya adalah seberapa banyak tangkapan ikan Anda di Danau Päijänne.

Di Danau Päijänne pengunjung bisa memancing, berperahu atau berlayar menelusuri kota menawan Lahti ke Jyväskylä atau pesiar danau di Jantung kota Tampere. Dijamin pengunjung akan mengukir pengalaman bahari dengan beberapa jam pelayaran.

Danau Päijänne Foto: finlandportrait.com

Danau cantik lainnya di Finlandia adalah Danau Inari. Terletak di bagian utara Lapland di perbatasan zona subarktik, Danau Inari merupakan danau terbesar di Lapland atau Sápmi. Danau Inari dikelilingi hutan pinus yang indah. Di sekitar Danau Inari ada 3,300 pulau. Banyak pulau tak berpenghuni di antaranya Muotkatunturi, Kaldoaivi, Paistunturi, dan Hammastunturi. Pulau Hautuumaasaari juga dikenal sebagai Pulau Makam karena dulunya adalah tempat pemakaman orang Sami kuno.

Bagi yang hobi memancing Danau Inari adalah surganya ikan salmon, trout, ikan putih, dan ikan tombak. Biasanya Danau Inari membeku mulai dari November hingga awal Juni. Saat musim dingin ketika danau membeku bak ladang bersalju banyak gubuk didirikan untuk memancing di lubang es.

Danau Inari Foto: Photomosntr/Fonwall

Masih banyak danau indah lainnya di Finlandia. Sebagian besar danau di Finlandia berada di wilayah Kuopio di utara, Tampere di barat, Lahti di selatan hingga Punkaharju dan perbatasan Rusia di bagian timur. Proses glasiasi kuno menciptakan banyak danau yang sulit dijangkau. Kabarnya sebagian besar danau di Finlandia belum terjamah manusia sama sekali. Beberapa di antaranya terletak jauh dari pusat kota besar.

Pondok tradisional di tepi Danau Saimaa. Foto: Goworldtravelmagazine

Air adalah elemen yang sangat penting di Finlandia. Orang Finlandia merasakan kedekatan khusus dengan elemen air karena air adalah sumber mata pencaharian warga Finlandia. Berkat zaman es dulu jumlah danau dan sumber air melimpah di Finlandia sehingga aksesibilitas yang tinggi terhadap air mampu menopang bidang pertanian, industri termasuk berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Banyak rumah, pondok tradisional dan sauna didirikan di tepi danau. Tak hanya danau dan sungai yang bersih, air minum di Finlandia adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Pemandangan danau Finlandia menawarkan pesona alam yang luar biasa. Perjalanan ke ‘Negeri seribu danau’ menjadi jauh lebih mengesankan dengan pengalaman berlayar dan berperahu yang tiada duanya. Danau biru dan bersih yang dikombinasikan dengan layanan modern menjadi salah satu andalan pariwisata Finlandia.

5. Norwegia- Negeri matahari tengah malam

Lanskap kota Bergen. Foto: enriquelopezgarre/pixabay

Norwegia adalah rumah bagi sejumlah fenomena alam yang menakjubkan. Saat musim dingin pengunjung berburu aurora borealis atau cahaya utara yang berpijar menghiasi langit. Saat musim panas panjang di Skandinavia mereka menikmati suasana alam dengan perspektif cahaya yang berbeda.

Matahari tak pernah terbenam

Ada alasan khusus mengapa Norwegia dijuluki ‘Negeri matahari tengah malam” karena di sanalah matahari bersinar terang 24 jam selama beberapa bulan dalam setahun. Fenomena matahari tengah malam terjadi ketika titik matahari di musim panas mencapai puncaknya yakni matahari terlihat pada ketinggian yang sangat rendah tepat di atas cakrawala. Matahari yang berada di ufuk pada tengah malam mengakibatkan matahari bersinar di langit sepanjang hari dan sepanjang malam tanpa terbenam.

Meski memukau fenomena matahari tengah malam tidak serta merta bisa disaksikan di semua wilayah di Norwegia melainkan hanya di bagian utara Norwegia. Semakin mengarah ke Utara maka suasana terang makin panjang sepanjang hari hingga malam. Matahari bersinar 20 jam sehari dari pertengahan Mei hingga Pertengahan Juli tanpa terbenam selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Untuk bisa menyaksikan fenomena matahari tengah malam pengunjung bisa mendatangi sejumlah wilayah di Norwegia. Tempat paling populer adalah Tromsø, Bodø, Kepulauan Lofoten, Nordkapp, Longyearbyen (Svalbard) dan Hammerfest. Di Tromsø, kota terbesar di Norwegia utara, fenomena matahari tengah malam terjadi selama dua bulan setiap tahun yakni 20 Mei hingga 22 Juli. Sementara Di Tanjung Utara dari 14 Mei hingga 29 Juli. Di Kota Hammerfes matahari tengah malam bersinar dari 13 Mei hingga 29 Juli. Di Svalbard matahari tengah malam muncul dengan waktu yang paling lama antara 20 April hingga 22 Agustus.

midnight sun norway
Matahari bersinar di tengah malam. Foto: norwaytravelguide.no

Menikmati cahaya tengah malam

Fenomena matahari tengah malam sangat menarik. Setelah didera musim dingin yang panjang dan gelap warga Norwegia memanfaatkan periode cerah itu dengan beragam aktivitas. Cahaya tengah malam itu menghangatkan dan membuat orang-orang bersemangat dan bahagia. Banyak aktivitas warga dilakukan pada tengah malam ketika matahari muncul di malam hari. Ada yang menikmati secangkir kopi, memotong rumput, bermain golf, bersepeda, mendayung perahu di sungai, atau memancing di bawah cahaya matahari tengah malam. Warga Norwegia merayakan matahari tengah malam setiap tanggal 21 Juni.

Matahari Tengah Malam terlihat di semua negara di atas Lingkaran Arktik. Namun, ujung utara Norwegia jauh lebih mudah diakses daripada kebanyakan daerah Kutub Utara lainnya. Infrastruktur dan transportasi yang menghubungkan jalan, kota, desa dan pulau di Norwegia sangat baik sehingga pengunjung bisa menjelajah dengan mudah dan aman saat periode matahari tengah malam. Yang patut diingat selama musim panas durasi siang hari tetap panjang di seluruh wilayah Norwegia. Di Oslo misalnya matahari terbit antara pukul 03.00 dan 04.00 pagi dan terbenam pukul 23.00 malam di bulan Juni dan Juli. Meski demikian tetap saja ada matahari terbenam meski suasana tidak gelap hanya muncul warna biru yang lama.

Wow! Pantai Finnmark cerah saat malam. Foto: best-served.co.uk

Selama berabad-abad fenomena matahari tengah malam sudah dialami oleh orang-orang yang tinggal di lepas laut di kepulauan Lofoten dan Vesterålen, atau penggembala rusa Sami di ujung utara. Fenomena menakjubkan matahari tengah malam bahkan menginspirasi beberapa seniman dan penulis Norwegia. Knut Hamsun dalam novelnya Pan (1894) menggambarkan suasana matahari tengah malam dalam karyanya “Malam datang lagi; matahari baru saja terbenam ke laut dan bangkit kembali, merah, segar, seolah baru terbenam untuk minum. Aku bisa merasa lebih aneh pada malam-malam itu daripada yang diyakini siapa pun”.

Midnight sun Norway
Pemandangan epik cahaya tengah malam. Foto: Reiner Schaufler Nordnorsk Reiseliv/norwaytoday.info

Pemandangan matahari tengah malam di Norwegia Utara sangat dramatis dan indah. Banyak penduduk lokal dan turis menikmati suasana di alam terbuka di bawah matahari tengah malam. Yang paling populer adalah berjalan santai di sepanjang pantai, berkemah, hiking atau kayak di tengah malam. Jika ingin merasakan pengalaman unik seumur hidup cobalah berenang di perairan Arktik di bawah matahari tengah malam. Meski beberapa pantai di Norwegia Utara memiliki nuansa tropis bersiaplah dengan suhu air yang lebih dingin.

COPYRIGHT ©cutitips 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.