Pegunungan Alpen Prancis, Negeri Ajaib Musim Dingin

Pegunungan Alpen Prancis. Foto: theuiaa.org

Prancis punya banyak pesona unik yang dilirik wisatawan dunia. Mulai dari fesyen, makanan, hingga panorama alam Prancis menawarkan inspirasi luar biasa. Negara di Eropa Barat ini bahkan disebut-sebut memiliki kekayaan budaya dan lanskap alam terindah di dunia. Dua pertiga wilayah Prancis adalah perbukitan dan pegunungan. Konon Pegunungan Alpen Prancis menyajikan pemandangan alam paling mengesankan di Eropa.

Pegunungan Alpen Prancis adalah surga bagi pecinta wisata outdoor karena menawarkan atraksi wisata gunung dan salju terbaik di dunia. Saat musim dingin bermain ski dan seluncur salju di Resor ski Pegunungan Alpen Prancis adalah kegiatan wisata paling populer. Resor yang paling terkenal adalah resor ski bersejarah Megève dan Chamonix di Haute-Savoie. Di Haute-Savoie pengunjung juga bisa menyambangi 3 Vallées yang merupakan salah satu area ski terbesar di dunia. Atau pergi ke Val-Thorens, resor ski tertinggi di Eropa dengan ketinggian 2.300 meter untuk mengukir pengalaman meraih langit Pegunungan Alpen Prancis. Dan yang tak kalah seru pengunjung bisa menyaksikan Mer de Glace, gletser atau bongkahan es terbesar di Chamonix. Menarik bukan?

Area ski lain Pegunungan Alpen Prancis yang tidak kalah bagus adalah Bourg Saint, Paradiski (Les Arcs, La Plagne, Peisey-Vallandry), Trois Vallées (Courchevel, Méribel, Les Ménuires), Avoriaz di Rhne-Alpes dan L’Alpe d’Huez di Isère.

Pegunungan Alpen Prancis menawarkan liburan gunung yang seru untuk semua orang. Lanskap, keindahan, fasilitas dan ragam aktivitas unik yang ditawarkan membuat Pegunungan Alpen Prancis masuk kategori lokasi terbaik menikmati olahraga musim dingin. Bahkan olahraga salju yang tidak biasa seperti menunggang kuda di atas butiran salju, terbang menuruni zip-line, dan menyelam di bawah es bisa ditemukan di Pegunungan Alpen Prancis. Keindahan Barisan Pegunungan Alpen Prancis saat musim dingin memesona bak negeri ajaib. Kepingan salju yang jatuh di lereng pra dan musim ski menyajikan keindahan unik.

Dunia ketinggian

Pegunungan Alpen adalah rangkaian pegunungan terbesar di Eropa dan membentang di delapan negara yakni di Prancis, Italia, Monako, Swiss, Liechtenstein, Austria, Jerman, dan Slovenia. Pegunungan Alpen berasal dari kata “Alps” yang dalam dialek Celtic kuno berarti “dunia ketinggian” atau dalam bahasa lain, “Alp” berarti “ditinggikan”. Banyak orang menganggap ada makna spiritual yang kuat dibalik nama itu.

Pegunungan Alpen Prancis terletak di Tenggara Prancis di sepanjang perbatasan Swiss dan Italia. Membentang hampir 1.000 km dengan luas permukaan 35.000 km² Pegunungan Alpen Prancis merupakan pegunungan elok yang berada di wilayah Provence-Alpes-Côte d’Azur dan Rhône-Alpes.

Area Ski di chamonix. Foto: chamonix.net

Pegunungan Alpen Prancis memiliki 24 puncak. Puncak paling legendaris dari pegunungan Alpen adalah Mont Blanc yang berdiri di ketinggian 4.810 meter. Mont Blanc adalah puncak simbolis tugu alam besar sekaligus titik tertinggi kedua di Eropa.

Mont Blanc terletak di jantung pegunungan Alpen berada di perbatasan antara wilayah Prancis dan Italia. Di Italia Mont Blanc disebut dengan Monte Bianco. Mont Blanc dan Monte Bianco pada dasarnya memiliki arti yang sama yakni ‘Gunung Putih’. Dinamakan ‘Gunung putih’ karena Puncak Mont Blanc dikelilingi banyak lembah gletser. Untuk bisa menyaksikan keindahan Mont Blanc pengunjung bisa mendatangi tiga kota di Prancis yakni di Saint-Gervais-les-Bains dan Chamonix. Tiga kota tersebut dianugerahi keindahan klasik Mont Blanc yang menakjubkan. Mont Blanc juga berbagi keindahan di kota Courmayeur, Italia. Mont Blanc masuk jajaran puncak gunung paling menonjol kesebelas di dunia.

Mont Blanc, Italy-France
Puncak Mont Black. Foto: Airpano
Mont Blanc, Italy-France
‘Gunung putih’ berselimut gletser. Foto: Airpano

Puncak mematikan di Eropa

Pegunungan Alpen Prancis menggoda pendaki gunung di seluruh dunia. Setiap tahun sekitar 30.000 pendaki gunung berusaha menaklukkan Pegunungan Alpen Prancis khususnya Puncak Mont Blanck. Meski panoramanya menakjubkan mendaki Mont Blanc tidak mudah. Butuh waktu sekitar dua hari untuk bisa sampai ke Puncak Mont Blanc. Selain itu mendaki Mont Blanc dengan ketinggian 4.810 meter sangat berbahaya. Titik tertinggi Pegunungan Alpen Prancis itu merenggut setidaknya 100 nyawa setiap tahun. Dengan rekor kematian pendaki yang tinggi Mont Blanc dikenal sebagai gunung paling mematikan di Eropa.

Meski mendaki Mont Blanc berbahaya bukan berarti pengunjung tidak bisa menikmati puncak tertinggi di Eropa tersebut. Bahkan wisatawan bisa menyaksikan Mont Blanc tanpa perlu mendaki caranya dengan menaiki kereta gantung. Kereta gantung bertolak dari Chamonix membawa pengunjung menuju Aiguille du midi. Di Aiguille du midi pengunjung bisa menyaksikan pemandangan 360 ° ke arah Mont Blanc-Pegunungan Alpen Prancis, Swiss dan Pegunungan Alpen Italia. Setiap musim panas lebih dari 5.000 orang berwisata kereta gantung untuk mengakses panorama Mont Blanc yang spektakuler.

Kereta gantung Pegunungan Alpen Prancis. Foto: SImon/Pixabay

Petualang hiking paling populer

Tour du Mont Blanc adalah petualangan lintas alam paling populer di dunia. Hiking sejauh 166 kilometer dengan jalur pendakian dan penurunan ditambah menjelajah tiga negara yakni Prancis, Italia dan Swiss bakal jadi pengalaman unik tak terlupakan. Jelajah alam Tour du Mont Blanc melewati keindahan Hutan Konifer, Cols yang terjal dan padang rumput Alpen yang tinggi. Keelokan Pegunungan Alpen juga berkat keanekaragaman vegetasi, flora dan fauna. Pegunungan Utara Alpen adalah rumah bagi hutan cemara yang indah. Sementara di Pegunungan Selatan vegetasi dipenuhi bunga lavender, larch dan thyme. Saat hiking petualang alam bisa menemukan beberapa bunga khas Alpen, binatang chamois (kambing asli Eropa), ibex atau kambing liar Pegunungan Alpen, serta marmut. Tour du Mont adalah kesempatan untuk menikmati taman alam yang menawan.

Saat musim panas Pegunungan Alpen Prancis menggoda untuk dijelajahi. Mendaki dan bersepeda gunung, hiking, menyusuri gua, rekreasi pemandian air, dan arung jeram adalah berbagai kegiatan wisata favorit saat musim panas. Alpes, Val d’Isère, dan Alpe d’Huez adalah beberapa resor bermain ski terkenal di musim panas.

Padang rumput Alpen. Foto: explore-share

Relaksasi adalah alasan lain wisatawan menghabiskan waktu di Pegunungan Alpen Prancis. Hutan yang masih asri, danau sebening kristal, air terjun deras dan udara segar di alam terbuka adalah bagian lain yang melengkapi keistimewaan Pegunungan Alpen. Sempatkan menyambangi Danau Le Bourget, Danau Jenewa, Danau Annecy atau danau air tawar yang indah.

Tak cuma populer sebagai tujuan wisata outdoor di Eropa, Pegunungan Alpen Prancis rutin menjadi tuan rumah Tour de France yakni ajang kejuaraan balap sepeda bergengsi dunia.

Jadi siap mengunjungi Pegunungan Alpen Prancis?

COPYRIGHT ©cutitips 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.