Taman Legenda Langkawi: Taman Dongeng di Kebun Asri

Kepiawaian Malaysia mengemas tempat-tempat wisata dengan cara kreatif membuat negeri jiran Malaysia dibanjiri wisatawan domestik juga mancanegara. Langkawi adalah satu di antara bukti keberhasilan pariwisata Malaysia. Kreativitas dan inovasi telah mengubah Langkawi menjadi surga baru geowisata Malaysia.

Taman unik menghidupkan legenda

Untuk mewujudkan Langkawi sebagai destinasi wisata populer pemerintah Malaysia melakukan beragam cara. Salah satunya agresif mempromosikan Langkawi sebagai Pulau Legenda. Mitos dan legenda memainkan peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan pariwisata Langkawi.

Banyak objek wisata di Pulau Langkawi lahir dari legenda dan cerita rakyat. Sumber daya mitologi Langkawi sekaligus dipromosikan sebagai paket wisata. Slogan “Pulau Legenda” turut diciptakan menjadi bagian komunikasi pariwisata sekaligus branding Langkawi sebagai pulau tujuan wisata global.

Pengembangan pariwisata dan promosi Langkawi sebagai Pulau Legenda melahirkan Taman Legenda Langkawi. Taman unik ini dibangun dengan misi khusus yakni menampilkan karya seni yang menghidupkan cerita rakyat, mitos, legenda, kisah tradisional dan nilai-nilai Langkawi dalam suasana kebun yang indah. Situs ini merepresentasikan bagaimana warisan budaya tak benda dipentaskan dalam bentuk warisan berwujud.

Taman Legenda Langkawi terletak tak jauh dari Dataran Lang atau Langkawi Eagle Square. Berjarak sekitar 400 meter dari Dermaga Kuah (Kuah Jetty) dekat toko bebas bea di Kuah. Taman Legenda Langkawi atau biasa disebut Lagenda Langkawi Dalam dibangun pada masa pemerintahan Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Taman cantik seluas dua puluh hektar ini dibuka tahun 1996. Keberadaan Taman Legenda Langkawi sangat penting karena berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan taman rekreasi. Tak cuma sebagai penghias kota, Taman Legenda Langkawi adalah museum taman terbuka.

Taman Legenda Langkawi memiliki konsep unik yakni bertema cerita rakyat. Tidak seperti taman-taman pada umumnya, karakter Taman Legenda Langkawi fokus pada asal-muasal terbentuknya Langkawi. Pembangunan Taman Legenda Langkawi terinspirasi dari legenda dan cerita-cerita tradisional. Karya seni ukir dan pahatan patung warna-warni secara artistik didesain menghidupkan cerita, mitos, dan legenda unik yang menjadi warisan sejarah Langkawi.

Dinding Warita Mahsuri. Foto: cutitips

Berada di Taman Legenda Langkawi pengunjung dibawa menelusuri ragam cerita tradisional, dongeng atau kisah mistis di dalam kebun yang asri. Itulah sebabnya Taman Legenda Langkawi dijuluki Taman Dongeng.

Nyaman dan asri

Pengunjung bisa menikmati hamparan taman luas dengan lanskap penuh pepohonan hijau, tanaman bunga dan buah . Taman ini menyenangkan karena selain bersih dan cantik juga memiliki ruang fungsi yang layak dieksplorasi. Di kompleks taman terdapat empat danau buatan dan berbagai karya seni yang mengilustrasikan legenda dengan tata letak menarik.

Taman apik nan nyaman. Foto: cutitips

Bagi penyuka olah raga sempatkan membakar kalori di Taman Legenda Langkawi. Ada tempat joging asyik bernuansa hijau. Jogging track atau jalur-jalur lari sangat apik dan nyaman cocok bagi pencinta olahraga lari dan joging ringan. Jika tidak sedang ingin berolahraga coba berkeliling taman atau duduk santai menikmati keasrian taman.

Jogging sore hari. Foto: cutitips
Jalur lari taman. Foto: cutitips

Pesona Taman Legenda Langkawi memiliki banyak aspek. Lanskap bersih, asri, pepohonan hijau, walking trails, kolam, pantai buatan serta seni pahatan unik adalah di antara daya tarik itu. Taman legenda Langkawi menyediakan spot lengkap dengan nuansa dan latar berbeda yang unik.

Taman Legenda Langkawi menawarkan banyak ruang kreatif untuk menyalurkan hobi dan mengembangkan bakat. Banyak komunitas berkumpul menggelar acara di taman antik ini. Fotografer beradu kepawaian memotret spot-spot terbaik. Salah satunya komunitas profesional fotografi burung yang rutin datang untuk memotret burung yang hinggap di pepohonan.

Komunitas fotografi burung. Foto: cutitips

Gondwana, warisan geologi dunia

Taman Legenda Langkawi memiliki tujuh belas seni pahatan batu berwarna warni yang tersebar di seluruh kompleks taman. Seni pahatan itu menjadi salah satu ciri khas Taman Legenda Langkawi.

Di pintu masuk taman berdiri tembok Gondwana yakni sebuah barisan pegunungan di sebelah barat selatan Langkawi yang menjulang di Burau Bay. Di tembok Gondwana terdapat peta besar berisikan sembilan puluh sembilan pulau di kepulauan Langkawi.

Ada alasan mengapa tembok besar Gondwana hadir dalam Taman Legenda Langkawi. Konon Kepulauan Langkawi merupakan bagian dari benua Gondwana. Gondwana adalah superbenua atau benua raksasa yang pecah karena adanya pergerakan lempeng tektonik.

Pecahan Gondwana menyebar dan terbagi menjadi wilayah yang sekarang dikenal dengan Amerika Selatan, Afrika, India, Australia. Pecahan Gondwana turut menyebar hingga ke Pulau Langkawi. Gondwana merupakan situs warisan geologi dunia tertua.

Peristiwa pecahnya superbenua atau benua raksasa Gondwana terjadi pada periode kambrium yaitu periode geologi pertama dari Era paleozoik (masa kehidupan kuno) sekitar lima ratus juta tahun lalu. Periode kambrium menandai sebuah titik penting dalam sejarah kehidupan di bumi. Masa ketika sebagian besar kelompok utama hewan pertama kali muncul dalam catatan fosil.

Banjaran langkawi. Foto: cutitips

Batuan kambrium yang berisi binatang fosil pertama dan tertua di Asia Tenggara berusia 550 juta tahun bisa Anda temukan di Langkawi. Bangga memiliki warisan geologi tertua di dunia membuat Malaysia gencar mempromosikan geowisata Langkawi. Bahkan Langkawi memiliki pegunungan dengan nama sama yakni Pegunungan Gondwana.

Selain Gondwana yang menampilkan seni artistik, Taman Legenda Langkawi memiliki tujuh belas seni pahatan berwarna-warni yang menyebar di kompleks taman. Untuk memudahkan pengunjung memahami legenda dan cerita rakyat Pulau Langkawi, patung dan pahatan batu dilengkapi dengan papan tanda yang berisi informasi rinci. Karya seni menghidupkan legenda, mitos, dan dongeng yang berkembang di tanah Langkawi.

COPYRIGHT © CUTITIPS 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.