9 Aplikasi Penting Untuk Traveling

Pilihan aplikasi. Foto: Geralt/pixabay

Traveling di jaman now bisa sangat mudah berkat bantuan teknologi. Beragam aplikasi di smartphone banyak menyediakan fungsi menarik untuk membantu bepergian menjadi lebih baik. Mulai dari memilih travel agency online, informasi wisata, trip organizer, penerjemah bahasa, peta, navigasi sampai fungsi-fungsi lain seperti mencari restoran hingga toilet umum. Mengunduh aplikasi untuk traveling sebaiknya mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan.

Berikut sembilan aplikasi traveling mobile terbaik untuk memudahkan jalan-jalan Anda.

1. Skyscanner

Skyscanner adalah aplikasi untuk menemukan penerbangan murah dan terbaik. Skyscanner bekerja mencari jutaan penerbangan dari 1.200 sumber dan memberikan pilihan rute dan harga tiket pesawat ke berbagai destinasi wisata di seluruh dunia. Skyscannar memastikan penggunanya mendapatkan penawaran terbaik. Pengguna Skyscanner bisa melacak perubahan harga pada rute penerbangan dan tanggal yang dipantau. Skyscanner akan mengirimkan informasi perubahan tersebut lewat e-mail.

Skyscanner. Foto: tangkapan layar Google Play

2. Airbnb

Airbnb sangat terkenal di kalangan pelancong yang ingin mencari akomodasi penginapan mulai dari sewa rumah,apartemen, single room, houseboat bahkan puri atau kastil. Airbnb menyediakan ragam jenis properti yang bisa disewa dengan harga dan kenyamanan spesifik. Untuk pemesanan di menit-menit terakhir, pelancong bisa mencari properti yang tersedia tanpa membutuhkan persetujuan pemiliknya. Layanan Airbnb tersedia di 191 negara. Airbnb kini memperluas layanan yang fokus pada aspek pengalaman dan restoran. Airbnb sangat membantu pelancong merencanakan perjalanan dan pengalaman spesifik yang hendak dicari.

Airbnb. tangkapan layar Google Play

3. WiFi Map

Wifi Map adalah aplikasi yang bisa menghubungkan penggunanya ke jaringan Wifi gratis di seluruh dunia. Wifi Map mengklaim ada 100 juta jaringan wifi gratis yang bisa diakses berikut dengan kata sandinya. Aplikasi ini bisa bermanfaat bagi Anda saat berwisata domestik atau traveling ke negara luar negeri. Aplikasi ini bisa jadi cadangan jika sewaktu-waktu kuota internet Anda tiris. Untuk beberapa kasus, jaringan WiFi yang terdeteksi bisa jadi memiliki kata sandi yang sudah usang.

Wifi Map. Foto: tangkapan layar Google Play

4. Google Translate

Jalan-jalan ke luar negeri kadang direpotkan dengan urusan bahasa. Apalagi tidak semua orang di dunia menguasai bahasa Inggris yang umum digunakan secara global. Jangan khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Translate. Masuk ke fitur Settings and pilih “Offline Translation”. Tersedia 60 bahasa yang bisa dipilih tanpa perlu koneksi internet. Google Translate juga bisa menerjemahkan kata atau kalimat dengan suara, dan memindai teks dalam bentuk foto atau gambar. Mudah dan berguna. Google Translate tersedia di platform iOS dan Android.

Google Translate: Foto: tangkapan layar Google Play

5. OpenRice

Pecinta kuliner wajib download aplikasi OpenRice. OpenRice adalah aplikasi untuk menemukan restoran paling populer termasuk dengan peringkat terbaik dan beragam menu makanan. Aplikasi ini tersebar luas di Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Bahkan aplikasi OpenRice bisa digunakan di Hong Kong. Mencari makanan favorit di luar negeri kini tak lagi ribet. OpenRice tersedia di sistem operasi Android and iOS.

Open Rice. Foto: tangkapan layar Google Play

6. HappyCow

Seorang vegan atau vegetarian kadang sulit menemukan makanan sesuai kebutuhan mereka terlebih saat traveling ke luar negeri. Kondisi ini sangat menantang sekaligus bisa menyulitkan karena tidak banyak restoran yang menyediakan menu khusus vegan dan vegetarian. Jika pun ada lokasi restoran bisa jadi terlewat atau tidak terlacak saat Anda mengunjungi suatu kota atau negara. Jangan khawatir, HappyCow siap membantu mengatasi masalah tersebut. Aplikasi HappyCow mendata restoran, rumah makan, toko, supermarket yang menyediakan menu makanan khusus vegan dan vegetarian di 180 negara. Tak hanya makanan berbasis tumbuhan, HappyCow juga mendata tipe restoran atau toko yang menyediakan makanan bebas gluten. Jangan lupa mengambil foto restoran favorit Anda dan membaginya dengan para traveler vegan atau vegetarian lain di seluruh dunia.

Happy Cow. Foto: tangkapan layar Google Play

7. AirHelp

Saat penerbangan tiba-tiba dibatalkan atau ditunda, lazimnya kita mengharapkan kompensasi. Namun ketidakpastian klaim kompensasi atas penundaan atau pembatalan penerbangan seringkali menghantui. AirHelp membantu pelancong terhindar dari mimpi buruk itu saat terbang. Cara menggunakan aplikasi AirHelp mudah. Masukkan asal keberangkatan, tujuan destinasi, tanggal penerbangan, maskapai penerbangan, dan nomor tiket penerbangan. Selanjutnya AirHep akan bekerja dengan mengajukan klaim kompensasi untuk Anda. Jika klaim berhasil, aplikasi secara otomatis mentransfer dana ke rekening Anda.

AirHelp. Foto: Tangkapan layar Google Play

8. Flush

Mencari toilet umum saat traveling bisa jadi tantangan tersendiri. Pusat perbelanjaan atau restoran biasanya banyak dicari traveler saat mereka hendak buang air. Namun bagaimana jika tiba-tiba Anda kebelet kencing di jalan dan harus segera mencari toilet umum? Jangan Khawatir. Aplikasi Flush dirancang untuk membantu Anda mengatasi masalah itu. Gunakan aplikasi Flush untuk menemukan toilet di kota atau negara yang Anda kunjungi. Terdapat 190.000 kamar mandi atau toilet umum di seluruh dunia yang masuk dalam database Flush. Flush juga mengklasifikasi tipe kamar mandi dan toilet umum dari yang gratis, bisa diakses penyandang disabilitas hingga yang memerlukan kunci. Pelancong juga bisa memberikan respon dengan menentukan peringkat dari pengalaman menggunakan layanan toilet umum. Selain bisa menghemat waktu, aplikasi Flush sangat berguna bagi pelancong yang sering kali beser atau mudah sekali buang air kecil.

Flush. Foto: Tangkapan layar Google Play

9. XE Currency

Aplikasi XE Currency membantu pelancong mengecek dan memantau nilai mata uang selama jalan-jalan ke luar negeri. XE Currency juga memberikan rekomendasi mata uang yang populer digunakan di negara tujuan. Ada seratus jenis mata uang asing yang bisa diakses secara offline. Aplikasi XE Currency juga berguna saat Anda berada di negara yang menerapkan dua mata uang berbeda. Anda bisa mengetahui masing-masing nilai tukar mata uang saat dikonversi dengan mata uang dalam negeri.

Xe. Foto: Tangkapan layar Google Play

Semoga rekomendasi aplikasi penting untuk traveling bermanfaat dan bisa membantu Anda selama di perjalanan.

COPYRIGHT ©CUTITIPS 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.