Air Terjun Erawan Tujuh Tingkat: Surga di Tengah Rimba Raya

Air terjun Erawan adalah surga wisata alam. Keeksotisannya layak masuk ke dalam deretan air terjun terindah di Asia Tenggara. Objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung karena menawarkan paket lengkap liburan untuk keluarga, fotografer dan traveler.

Apa keistimewaan Air Terjun Erawan Tujuh Tingkat. Cutitips dengan senang membagikan pengalaman untuk Anda.

Perjalanan

Thailand punya seribu satu cerita tentang wisata. Cerita kali ini datang dari air terjun Erawan di Kanchanaburi. Air terjun Erawan tujuh tingkat penuh pesona. Di setiap levelnya memiliki ragam karakter berbeda. Berada di jantung rimba raya, setiap sudut air terjun menawarkan potret keindahan.

Kolam cantik berwarna hijau kebiruan serta jeram deras membentuk tirai air dijamin tidak akan mengecewakan siapa pun yang berkunjung ke sana. Menjelajah air terjun Erawan cobalah sampai ke level tujuh atau level puncak. Berhasil mencapai ketujuh air terjun, Anda berhak menyandang gelar sang “penakluk”.

Perjalanan menuju air terjun Erawan dimulai dari terminal bus Kanchanaburi. Moda transportasi yang umum digunakan adalah bus nomor 8170 jurusan Kanchanaburi-Erawan. Air terjun Erawan populer di kalangan wisatawan. Tak heran bus 8170 selalu penuh wisatawan dari berbagai negara. Bus berangkat mulai pukul 08.00 pagi dan beroperasi tiap satu jam sekali.

Bus 8170 sederhana, mirip armada bus di Jakarta tahun delapan puluhan. Fasilitasnya sama persis. Bangku berlapis jok dengan busa tipis, sandarannya tegak dan tanpa AC. Hanya ada dua kipas angin terpasang di langit-langit bus. Kaca bus dibuka secara manual dengan cara digeser. Sebagian besar penumpang membiarkan kaca bus terbuka agar angin masuk dan tubuh tidak bermandi peluh.

Meski Kondisi bus tidak istimewa dan jauh dari sempurna, bus menarik wisatawan mancanegara. Pengalaman inilah yang kemudian menjadi oleh-oleh cerita para traveler saat berwisata ke air terjun Erawan.

Cara membeli tiket bus sangat mudah bisa langsung beli dari sopir bus. Caranya cukup dekati bus 8170 yang parkir di terminal. Di sana ada sopir bus yang berdiri menunggu penumpang sembari menjual tiket. Harga tiket bus 50 Baht atau sekitar Rp23.000. Bus berangkat tepat waktu, jadi datang lebih awal untuk membeli tiket dan memilih tempat duduk.

Bus 8170 menuju Erawan. Foto: Cutitips

Interior bus jadul. Foto: cutitips

Bus 8170 melaju dengan kecepatan sedang melintasi kawasan perbukitan Tenasserim. Sepanjang perjalanan tersaji rimbun pepohonan tropis. Bukit Tenasserim indah, hijau dan asri. Menyaksikan keelokan Bukit Tenasserim mata seolah enggan berkedip terserap sepenuhnya pada suasana permai.

Kanchanaburi adalah provinsi ketiga terbesar di Thailand dan memiliki panorama alam yang cantik. Area Kanchanaburi dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Kanchanaburi tidak jauh dari Bangkok bisa ditempuh sekitar dua jam dengan travel bus. Banyak wisatawan datang ke Kanchanaburi untuk bersantai, menikmati pesona alam dan utamanya menjelajah air terjun Erawan tujuh tingkat.

Perjalanan dari kota Kanchanaburi ke kawasan Taman Nasional Erawan sekitar dua jam. Untuk masuk ke area air terjun Erawan wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket 300 Baht atau Rp135.000 untuk wisatawan asing dan 100 Baht atau Rp44.000 untuk wisatawan lokal.

Tak perlu repot turun dari bus karena seorang petugas akan naik ke dalam bus dan mengumpulkan uang dari para wisatawan. Setelah selesai, bus melaju menuju halte pemberhentian terakhir untuk menurunkan penumpang.

Gerbang masuk Taman Nasional Erawan

Air terjun Erawan terletak di tepi sungai Kwae Yai dan berada di dalam kompleks hutan bagian barat kawasan Taman Nasional Erawan. Air terjun Erawan tujuh tingkat ditemukan tahun 1975 dan dinobatkan sebagai salah satu air terjun terindah di Thailand.

Awalnya air terjun Erawan disebut air terjun Sadong Mongolia dengan hulu sungai dari Huay Mong Lai yang mengalir dari puncak gunung dan tebing yang tinggi.

Nama Erawan muncul berdasarkan legenda gajah. Erawan adalah nama Thailand untuk gajah putih berkepala tiga dalam mitos Hindu. Erawan menjaga Indra, dewa hujan, guntur dan kilat. Konon air terjun yang terbagi dalam tujuh tingkatan ini level puncaknya nampak seperti Erawan atau gajah putih berkepala tiga. Dari situlah sumber nama Taman Nasional Erawan berasal.

Taman Nasional Erawan

Jelajah Air terjun 7 tingkat

Menuju air terjun Erawan dimulai dengan berjalan memasuki kawasan hutan. Menyusuri jalan setapak, mengikuti rute dan jejak alam. Kicau burung dan nyanyian serangga hutan menyajikan orkestra alam seolah menyambut kedatangan wisatawan.

Taman nasional Erawan adalah habitat lima jenis satwa liar yakni mamalia, reptil, amfibi, burung, dan fauna air tawar. Hewan yang bisa ditemui adalah adalah gajah India, harimau, rusa sambar, babi hutan liar, owa, lutung, terwelu siam, tupai terbang merah, burung pegar, burung merak abu-abu dan kupu-kupu.

Kupu-kupu Erawan. Foto: cutitips

Air terjun Erawan memiliki tujuh tingkatan. Ketujuh air terjun memiliki nama dan ketinggian berbeda. Intensitas air pun beragam di setiap levelnya.

Di area air terjun paling bawah tersedia meja-meja kayu besar untuk duduk dan bersantai. Tapi sebelum duduk waspada karena ada banyak monyet liar di sekitar air terjun. Jangan mendekati atau memberi makan mereka karena monyet liar agresif dan berbahaya.

Level I & 2 : Lai Kuen Rang & Wang Mat Cha

Menjelajah air terjun Erawan dimulai dari level satu. Air terjun level satu Lai Kuen Rang relatif mudah dijangkau. Banyak keluarga bercengkrama, berenang dan main di air terjun level satu karena karakteristik jeram tidak terlalu besar. Keunikan lain dari air terjun Erawan adalah ikan-ikan “fish spa” berukuran besar berenang bebas di kolam air terjun alami. Meski liar ikan-ikan ini tidak berbahaya. Pengunjung bisa berenang dan bermain sepuasnya dengan kumpulan ikan bersahabat itu.

Air terjun Lai Kuen Rang. Foto: cutitips

Keindahan air terjun Erawan lebih terasa saat memasuki level dua. Air terjun level dua Wang Mat Cha adalah salah satu air terjun Erawan terbaik. Kolam berukuran besar dengan air bening segar mengalir dari batuan cadas. Telaga alami berwarna hijau kebiruan menggoda siapa pun untuk berenang dan berendam. Ceruk batu menyerupai gua menjadi atraksi tersendiri bagi pengunjung. Melompat dari atas batu dan terjun langsung ke kolam seru dan menyenangkan.

Air terjun Wang Mat Cha. Foto: cutitips

Jika memilih tidak berenang wisatawan bisa main air atau duduk menikmati panorama air terjun sembari mendengar suara gemericik air. Aktivitas santai itu bisa menjadi terapi mengusir kepenatan, menenangkan hati dan pikiran.

Air terjun Pha Nam Tok

Naik ke level tiga bersiaplah menyambangi air terjun lebih tinggi dengan menaiki tangga dan meniti jembatan kayu. Pendakian ke air terjun level tiga masih tergolong mudah karena tersedia panduan arah jalan yang jelas.

Sampai di level tiga bersiaplah menyaksikan pesona air terjun Pha Nam Tok nan elok. Keindahan Air terjun Pha Nam Tok terletak pada debit airnya yang sangat deras. Jeram besar mengalir di celah-celah batuan. Sementara dari ketinggian jeram deras jatuh membentuk tirai air.

Di Air Terjun Pha Nam Tok pengunjung bisa berenang sambil menikmati kesejukan dan jernihnya air terjun. Mandi langsung di bawah kucuran air terjun atau berendam di aliran deras air adalah pengalaman yang menyenangkan.

Jeram membentuk tirai. Foto: cutitips
Berendam di air terjun. Foto: cutitips

Air Terjun Oke Nang Phee Sue

Menuju air terjun level empat Oke Nang Phee Sue jalur makin mendaki dengan meniti ratusan anak tangga. Bertualang ke level atas sama artinya mendekati level air terjun surga.

Sampai di air terjun level empat bersiaplah sukacita karena air terjun Oke Nang Phee Sue cocok bagi penyuka kesenangan. Terdapat perosotan batu alami untuk meluncur di aliran air terjun.

Pengunjung bisa mencoba wahana alami itu berulang-ulang. Bermain seluncuran sekaligus berenang. Tak cuma menantang tapi juga menghibur karena serasa memiliki kolam air terjun sendiri. Tak salah jika sebagian besar traveler menjuluki air terjun Oke Nang Phee Sue sebagai kolam renang terbaik dan paling menyenangkan.

Air Terjun Oke Nang Phee Sue. Foto: cutitips

Air Terjun Buar Mai Long

Perjalanan menuju air terjun level lima Buar Mai Long lebih menantang. Medan yang dilalui juga kian sulit. Jalanan tanah dipenuhi akar-akar pohon yang menjulur keluar, terjal, menanjak, dan berbatu besar.

Mendaki batuan besar butuh fisik dan stamina kuat serta ekstra hati-hati mencari pijakan yang tepat agar kaki tidak tergelincir. Jangan khawatir plang arah masih tersedia untuk memandu wisatawan agar tidak tersesat menuju air terjun level lima Buar Mai Long.

Butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke air terjun Buar Mai Long. Namun, begitu sampai semua lelah terbayar lunas. Air terjun Buar Mai Long sangat luas dan megah. Air jernih mengalir di teras batu berundak dengan kolam-kolam cantik berwarna kebiruan.

Air terjun Buar Mai Long memesona. Berpagar rimbun pepohonan dan permai Keindahannya bisa dinikmati dari berbagai sisi. Setiap sudut Air Terjun Buar Mai Long adalah objek foto mengagumkan membuat wisatawan betah berlama-lama.

Air Terjun Buar Mai Long. Foto: cutitips

Air Terjun Dong Pruk Sa

Jika Anda berjiwa petualang lanjutkan tantangan ke air terjun Dong Pruk Sa. Secara umum akses menuju air terjun level enam sulit ditempuh. Medan menanjak dan terjal penuh batu-batu besar dan ektrem. Pengunjung juga harus meniti tangga kayu dan melewati kubangan air berlumpur tebal. Saat menerabas medan berlumpur perhatikan langkah agar tidak selip. Jaga kesimbangan agar tidak terpeleset atau jatuh.

Air terjun Dong Pruk Sa berada di ketinggian 1.420 meter di atas permukaan laut. Air terjun level enam ini cantik berhias dinding batuan alam. Curahan air jatuh mengikuti teras batu dan membentuk kolam di dasarnya. Meski tidak memiliki banyak kolam untuk berenang, air terjun Dong Pruk Sa sangat asri. Hutan hijau nan teduh mengelilingi air terjun Dong pruk Sa cocok bagi penyuka ketenangan.

Air Terjun Dong Pruk Sa. Foto: cutitips

Air Terjun Erawan memiliki tujuh air terjun utama. Yang menarik di setiap levelnya memiliki banyak lapisan air terjun. Lapisan air terjun berukuran kecil hingga sedang tak kalah menawan. Ini yang turut menambah daya tarik dan keistimewaan air terjun Erawan. Pesonanya bertebaran. Setiap sudut menawarkan potret keindahan.

Lapisan Air terjun. Foto: cutitips
Wisatawan asing. Foto: cutitips

Air Terjun Phu Pha Erawan

Jika sudah sampai di level enam tinggal selangkah lagi untuk menaklukkan terjun level tujuh. Sama seperti level enam petualangan menuju air terjun tingkat tujuh Phu Pha Erawan penuh tantangan.

Perjalanan melewati banyak tanjakan curam, batu raksasa dan jalanan becek berlumpur tebal. Selain fisik dan stamina harus kuat melintas di medan berbatu besar butuh alas kaki outdoor yang mumpuni. Mendaki batu tanpa alas kaki sangat tidak dianjurkan karena batuan bisa sangat licin dan tajam.

Batu raksasa. Foto: cutitips

Air terjun Phu Pha Erawan adalah level akhir dari petualangan air terjun Erawan. Pengunjung yang berhasil menjejakkan kaki di air terjun pamungkas ini boleh berbangga hati karena dinobatkan sebagai penakluk air terjun Erawan. Tidak cuma berhak menyandang predikat “penakluk”, pengunjung bisa menikmati panorama eksotis air terjun Phu Pha Erawan di ketinggian1.500 meter di atas permukaan laut.

Sang Penakluk. Foto: cutitips

Berada di air terjun paling tinggi pengunjung bisa menikmati indahnya Air terjun Phu Pha yang berpagar dinding tebing dan rimbun pepohonan hijau. Jeram mengalir lembut di lekukan batuan besar. Sementara di tepian air terjun terdapat batuan kokoh berwarna putih kontras dengan kolam bernansa biru kehijauan.

Setelah letih mendaki sempatkan berendam di sejuknya air terjun Phu Pha Erawan. Selain menyegarkan tubuh, istirahat sejenak ampuh mengusir lelah.

Air terjun Phu Pha Erawan adalah salah satu spot eksotis sekaligus penutup rute paripurna air terjun Erawan.

Berendam di kolam Air Terjun Phu Pha Erawan

Menjelajah air terjun Erawan tujuh tingkat seru dan menantang. Butuh waktu sekitar tiga jam untuk menjangkau ketujuh level air terjun Erawan. Pastikan waktu yang Anda punya cukup karena air terjun Erawan tutup pukul 16.00.

Petugas/ranger Taman Nasional Erawan terus berpatroli untuk memastikan tidak ada lagi wisatawan yang naik ke air terjun selepas pukul empat sore. Ranger akan meminta wisatawan yang masih berada di air terjun level atas untuk segera turun sebelum area hutan menjadi gelap.

Spot menikmati rimba Erawan. Foto: cutitips

Menikmati pesona air terjun Erawan sambil bertualang menyusuri rimba raya membangkitkan sensasi luar biasa. Pengalamannya melebihi dari sekadar melihat foto atau video di internet.

COPYRIGHT ©CUTITIPS 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.