Melayang di Puncak Gunung dengan Langkawi SkyCab

Panorama Langkawi. Foto: cutitips

Apa rasanya melayang di ketinggian 708 meter di atas hutan dan tebing bebatuan berusia 550 tahun? Pastinya menggetarkan sekaligus menyenangkan. Itu yang dirasakan jika mengunjungi Panorama Langkawi SkyCab.

Perjalanan melintasi atas tebing pegunungan Machinchang dilakukan menggunakan gondola dengan sistem cable car. Semakin tinggi gondola naik menuju puncak gunung Machinchang pengunjung bisa menyaksikan pemandangan 360 derajat. Sejauh mata memandang terbentang panorama menakjubkan pulau Langkawi dan pulau-pulau lain di sekitarnya termasuk pulau di Selatan Thailand.

Gondola melayang. Foto; cutitips

Menikmati wisata Panorama Langkawi SkyCab dimulai dari stasiun bawah (base station) yang terletak di kaki bukit Machinchang menuju stasiun tengah hingga ke stasiun puncak (top Station). Perjalanan dari stasiun bawah menuju stasiun tengah (middle station) sekitar 1,7 kilometer dengan ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Dari stasiun tengah menuju stasiun puncak (top station) mata langsung disergap panorama mengagumkan.

Berada di ketinggian 708 meter nampak tebing-tebing runcing menjulang menusuk langit. Rimbun pepohonan hijau terhampar dengan gugusan pulau Langkawi dan laut Andaman yang mempesona. Sungguh lanskap menakjubkan. Meski menyaksikan dari dalam gondola, tetap saja sensasi melintasi jajaran pegunungan Machinchang di ketinggian 708 meter dengan kemiringan 45 derajat sangat spektakuler.

Pengunjung menikmati pemandangan spektakuler. Foto: cutitips

Dari dalam gondola juga nampak Jembatan Langit Langkawi (Sky Bridge). Jembatan Langit (Sky Bridge) berbentuk kurva sepanjang 125 meter menghubungkan antar puncak bukit di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tak salah jika Langkawi SkyCab jadi salah satu wisata andalan Langkawi. Biasanya pengunjung langsung menyambangi Jembatan Langit (Sky Bridge) usai kereta gantung mencapai stasiun puncak.

Langkawi SkyCab berada di kawasan Oriental Village dan menjadi satu bagian dari objek wisata populer Panorama Langkawi. Tak hanya dikunjungi banyak wisatawan lokal Malaysia, Langkawi SkyCab ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Panorama Langkawi SkyCab adalah rekreasi kereta gantung yang menggunakan teknologi tinggi dengan sistem kendali dan dan keamanan canggih. Pengalaman terbang bersama gondola di atas pegunungan Machincang memberikan sensasi yang tidak terlupakan.

Antrean pengunjung. Foto: cutitips

Langkawi skycab dalam area Langkawi Geopark.

Bagi pengunjung yang baru pertama kali ke pulau Langkawi, Panorama Langkawi SkyCab tentu tidak boleh dilewatkan. Tiket masuk Langkawi SkyCab RM 55 atau setara dengan Rp 186.000 per orang dewasa dan RM 40 atau Rp 135.000 per orang untuk anak-anak.

Panorama Langkawi SkyCab dibuka tahun 2002 dengan pengerjaan konstruksi memakan waktu sekitar satu tahun enam bulan. Satu gondola bisa menampung enam penumpang dan mampu menahan beban hingga 480 kilogram. Ada 35 unit gondola yang dioperasikan setiap hari dan butuh sekitar 15 menit untuk tiap gondola mencapai stasiun puncak. Saat berada di dalam gondola pengunjung dilarang makan dan minum serta merokok.

Panorama Langkawi SkyCab ramah terhadap pengunjung difabel atau berkursi roda. Petugas akan siap membantu setiap pengunjung termasuk penyandang disabilitas agar bisa masuk dan keluar gondola dengan aman. Berbeda dengan pengunjung lain yang bisa mampir ke stasiun tengah (middle station) penyandang disabilitas disarankan langsung menuju ke stasiun puncak (top station) dari stasiun bawah (base station). Saat berada di stasiun puncak pengunjung disabilitas hanya bisa menuju area kedatangan, SkyBoutique and SkyBistro. Dari stasiun puncak kereta gantung akan kembali melewati stasiun tengah kemudian turun kembali menuju stasiun bawah. Rute ini dianjurkan karena di stasiun tengah tidak tersedia fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Petugas siap membantu pengunjung. Foto: cutitips

Khusus untuk pengunjung hamil tidak disarankan naik gondola. Pertimbangannya adalah faktor kesehatan dan keselamatan. Kondisi Jalur yang dilalui usai menggunakan gondola juga tidak memungkinkan bagi ibu hamil karena terdapat banyak anak tangga di stasiun tengah dan stasiun puncak terlebih jalur menuju jembatan langit Langkawi (Langkawi Sky Bridge).

Jembatan Langit Langkawi. Foto: cutitips

Menuju Panorama Langkawi SkyCab sangat mudah. Meski tidak ada layanan transportasi bus di Langkawi, pengunjung bisa menggunakan taksi atau layanan transportasi online. Jarak dari Bandara Internasional Langkawi ke Panorama SkyCab sekira 12 kilometer atau 17 menit berkendara dengan mobil. Jika anda menginap di kawasan Kuah jarak tempuh sekitar 30 kilometer. Sementara dari pantai Chenang sekitar 25 menit. Jika mau sedikit berpetualang bisa menyewa motor menuju Panorama Langkawi SkyCab. Cara ini banyak ditempuh turis asing untuk sekalian berkeliling pulau Langkawi.

Panorama Langkawi SkyCab buka setiap hari dari senin hingga minggu mulai pukul 09.30 sampai 19.00. Saat liburan sekolah Panorama Langkawi SkyCab buka lebih awal untuk menyambut wisatawan. Pastikan datang lebih pagi untuk menghindari antrean panjang. Di Panorama Langkawi SkyCab juga tersedia wahana seru lainnya. Ada 6D Cinemotion, SkyDome, SkyRex, SkyBridge, SkyGlide, SkyTrail, SkyBistro, SkyBoutique 3D Art Langkawi,T ime Travel dan SkyPost. Khusus SkyPost, Panorama Langkawi SkyCab menyediakan pengalaman unik. Pengunjung bisa mengirimkan surat atau kartu pos dari kotak pos langit (SkyPos) yang berada di ketinggian 700 meter di puncak gunung Machincang.

Jangan lupa kirim kartu pos atau surat langit saat berkunjung ke Panorama Langkawi SKyCab ya.

COPYRIGHT ┬ęCUTITIPS 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.