Asal Mula Nasi Lemak, Hidangan Kebanggaan Malaysia

Bertandang ke Malaysia rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi nasi lemak. Makanan tradisional Melayu kaya rasa ini sangat populer di Malaysia. Nasi lemak bisa dijumpai di kedai-kedai maupun restoran mulai dari pagi, siang atau pun malam.

Nasi lemak berasal dari Semenanjung Malaysia dan identik sebagai hidangan nasional Malaysia. Asal usul Nasi Lemak tidak bisa dilepaskan dari cerita lokal yang turut membentuk nama Nasi Lemak itu sendiri.

Sejarah Nasi Lemak

Nasi lemak adalah hidangan dengan citarasa bersahaja. Nasi lemak terdiri dari nasi yang dikukus dengan santan dan daun pandan segar. Nasi lemak biasa disajikan dengan daging ayam, ikan bilis/teri goreng, kacang-kacangan, telur rebus, irisan mentimun dan sambal sebagai pelengkap. Sajian nasi lemak makin bervariasi dengan tambahan rendang, seafood dan sayuran. Cita rasa nasi lemak kaya dan aromatik karena menggunakan rempah-rempah seperti bawang merah, jahe, serai, dan daun pandan.

Santan adalah elemen penting dari nasi lemak dan bahan penting yang membuat rasa nasi berlemak. Konon nama nasi lemak berasal dari dapur penduduk lokal Malaka pada abad ke-15 Masehi. Al kisah ada seorang ibu bernama Mak Kuntum dan putrinya bernama Seri. Mak Kuntum sehari-hari bekerja sebagai tukang urut dan tiap pagi harus keliling kampung untuk mencari pelanggan. Sementara saat ibunya bekerja, Seri, anak Mak Kuntum bertugas memasak dan membereskan rumah.

Suatu hari Seri merasa bosan dengan menu sehari-hari yang biasa dimasak. Seri memiliki ide memasak nasi dan lauk pauk dengan cara yang berbeda. Seri menambahkan lengkuas dan daun pandan ke dalam nasi yang dimasak agar nasi beraroma sedap. Kisah lain menyebutkan Seri tidak sengaja menumpahkan santan ke dalam panci berisi nasi yang sedang dimasak. Ketika Mak Kuntum pulang, dia mencium aroma sedap dari dapur. Mak Kuntum bertanya kepada Seri apa yang sedang ia masak. Seri pun menjawab “Nasi le, Mak” yang artinya “Nasi, Ibu!”. Dari situlah kemungkinan asal-usul nama nasi lemak.

Nasi lemak adalah makanan tradisional Melayu yang berasal dari Semenanjung Malaysia. Konon nasi lemak sangat populer hingga Pantai Timur Sumatera. Dahulu nasi lemak dikenal sebagai makanan petani. Nasi lemak dijual dalam kemasan daun pisang dan dijual sangat murah. Lambat laun hidangan nasi lemak menyebar hingga ke seluruh negeri dan dikonsumsi warga Malaysia sebagai sarapan sehari-hari karena mengenyangkan dan penuh energi. Resep nasi lemak memanfaatkan bahan-bahan lokal seperti kelapa, ayam, telur, ikan, udang dan hasil laut lainnya.

Nasi lemak dibungkus daun pisang
Variasi lauk pauk nasi lemak

Nasi lemak adalah makanan pokok dalam masakan Malaysia. Hidangan Nasi lemak bersahaja dan sangat dihargai oleh penduduk lokal. Awalnya nasi lemak dominan dengan cita rasa Melayu. Seiring waktu rasa nasi lemak bervariasi seiring terjadinya alkulturasi budaya. Malaysia memiliki warisan multikultural di mana etnis Tionghoa dan India banyak bermukim di sana. Al hasil nasi lemak hadir dalam pengalaman rasa yang berbeda misalnya nasi lemak versi China cenderung disajikan dengan lauk pauk non halal yakni menggunakan irisan daging babi. Sementara nasi lemak versi India sambalnya dicampur dengan kari.

Menu Nasi Lemak di restoran

Sangat mudah menemukan nasi lemak di Malaysia. Nasi lemak dijual di warung-warung, rumah makan hingga restoran. Anda akan menemukan cita rasa khas dan variasi lauk nasi lemak yang berbeda misalnya di Penang, Kuala Lumpur, atau Malaka baik itu di warung-warung makan dan restoran karena teknik memasak dan pilihan bumbu yang digunakan.

Jadi jangan lupa mencoba nasi lemak, kuliner warisan leluhur Melayu di Malaysia.

COPYRIGHT @ CUTITIPS 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.