Kek Lok Si, Vihara Paling Cantik dan Megah di Asia Tenggara

Cantik dan Megah. Dua kata itu cocok menggambarkan vihara Kek Lok Si di Penang, Malaysia. Tak hanya indah vihara Kek Lok Si disebut-sebut sebagai vihara Buddha paling cantik dan terbesar di Asia Tenggara. Dijuluki “Kebahagiaan Agung” Kek Lok Si berdiri kokoh dan anggun di atas bukit.

Pesona Kek Lok Si

Vihara Kek Lok Si adalah objek wisata populer di Penang. Berada kawasan Air Itam sekitar 40 menit dari Georgetown, Vihara Kek Lok Si banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Vihara Kek Lok Si sudah berdiri lama. Konstruksi vihara Kek Lok Si dimulai tahun 1891 oleh imigran asal Tionghoa. Konon Kaisar Kuang Xi dan Permaisuri Cixi dari Dinasti Ching, Tiongkok sangat terkesan dengan Kek Lok Si sehingga mereka menganugerahi vihara itu dengan berbagai hadiah.

Saat berada di Kek Lok Si pengunjung bisa melihat interior dan eksterior unik biara, ruang doa, pagoda, menara lonceng, kolam kura-kura, taman yang indah dan 12 patung hewan yang mewakili shio dalam zodiak China. Dalam bahasa China Kek Lok Si disebut kuil di taman dataran tinggi. Karena berada di ketinggian Kek Lok Si dijuluki ‘kuil surgawi’, ‘kuil kebahagiaan tertinggi’ atau ‘kuil agung’.

Vihara Kek Lok Si memang memesona. Arsitektur pagoda memadukan gaya dari 3 negara yakni China, Thailand dan Myanmar. Vihara Kek Lok Si terinspirasi dari China dengan mengadopsi bentuk dasar oktagonal. Bagian tengah Vihara bergaya Thailand dan konon dikenal dengan nama Pagoda Rama VI karena Raja Thailand kala itu Raja Vajiravudh meletakkan batu pertama di Vihara Kek Lok Si. Untuk atap mahkota atau puncak menara Kek Lok Si bergaya Burma atau Myanmar. Vihara Kek Lok SI unik karena memadukan kepercayaan Mahayana dan Buddha Theravada.

Kompleks pagoda. Foto: cutitips
Arsitektur taman. Foto: cutitips

Mendaki ke puncak pagoda pengunjung  disuguhkan pemandangan Kota Penang yang menakjubkan dan patung perunggu Kuan Im atau Dewi Welas Asih setinggi 36,5 meter. Jangan khawatir untuk bisa ke paviliun raksasa vihara menyediakan lift yang akan membawa kita ke puncak Kek Lok Si.

Penahbisan atau pemberkatan paviliun Kuan Im dilakukan 6 Desember 2009 bertepatan dengan peringatan ke-118 tahun berdirinya Vihara Kek Lok Si.

Patung Perunggu Kuan Im raksasa. Foto: cutitips
Keindahan Kek Lok SI. Foto: cutitips

Waktu terbaik mengunjungi Kek Lok Si adalah saat Tahun Baru Imlek. Datanglah di malam hari dan saksikan keindahan seluruh kompleks vihara yang semarak dengan ribuan lentera menyala.

COPYRIGHT @ CUTITIPS 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.