Pilar Besi, Monumen Kuno Misterius di India

Unik dan karismatik. Dua kata itu mungkin mewakili India, negeri yang kaya warisan budaya. Setiap kota menyimpan jejak peninggalan sejarah yang bernilai. Untuk menyaksikan bukti kejayaan sebuah peradaban dengan pesona seni mengagumkan datanglah ke Delhi.

Pilar Besi adalah monumen yang punya pesona keajaiban berbeda. Pilar Besi hitam berpose gagah menjulang ke angkasa. Tiang yang terbuat dari logam seberat 6000 kg itu menjadi salah satu monumen yang menghiasi Kota Delhi. Terletak di kompleks Qutub Minar di kawasan Mehrauli, New Delhi, Ibu kota India, Pilar Besi setinggi 7,21 meter itu memancarkan aura misterius lengkap dengan mitos yang menyertainya.

Pilar Besi menjukang tinggi

Asal usul Pilar besi misterius. Tidak referensi yang jelas kapan dan di mana pilar kokoh itu dibuat. Tidak ada sumber pasti yang bisa menjelaskan keberadaan Pilar Besi di Delhi termasuk tujuan dari pembuatannya.

Pilar Besi diperkirakan ada sejak abad ke-4 Masehi. Keberadaan Pilar besi diyakini berasal dari Dinasti Chandragupta II Vikramaditya yang menguasai India utara pada tahun 380-415 Masehi. Keyakinan ini diperkuat dari hasil riset terhadap prasasti yang ada di Pilar Besi. Tulisan di prasati memuat huruf ‘Ca’ yang diikuti gabungan 3 huruf konsonan ‘n, ‘d’, dan ‘r’ yang ditulis secara vertikal. Jika semua huruf disatukan maka membentuk kata ‘ndra yang kemungkinan mewakili nama Raja Chandragupta II Vikramaditya. Dari situlah kemungkinan besar Pilar Besi berasal dari Dinasti Chandragupta II Vikramaditya. Periode Dinasti Chandragupta II Vikramaditya adalah masa di mana seni, arsitektur dan seni pahat berkembang pesat. Era yang menandai puncak perkembangan budaya India kuno. Konon Pilar Besi dibangun sebagai tiang bendera untuk menghormati Dewa Wisnu sekaligus mengenang Raja Chandragupta II Vikramaditya. Pilar Besi disebut kirti stambha yang artinya kolom ketenaran atau kemenangan.

Prasasti Pilar Besi
Huruf ‘Cha’
Pilar Besi di Qutub Minar tahun 1905

Ada yang meyakini Pilar besi adalah jam matahari yang semula berada di Madhya Pradesh lalu dipindahkan ke Delhi. Namun tidak ada bukti siapa yang memindahkan Pilar itu ke Delhi. Mengapa Pilar Besi tidak lagi ada di Madhya Pradesh masih misteri.

Terlepas dari asal usulnya yang tertutup, Pilar Besi punya pesona unik yang luar biasa. Berdiri kokoh selama 1600 tahun tak ada setitik pun karat yang melekat di monumen itu. Tiang hitam itu anti karat dan tahan korosi. Diperkirakan Pilar Besi terbuat dari besi tempa 98% yang tahan karat dan pelayuan.

Keajaiban Pilar Besi itu mengundang tanda tanya dan keingintahuan peneliti serta praktisi bidang metalurgi yakni ilmu yang khusus mempelajari sifat-sifat kimia dan fisika yang berkandung dalam logam. Hasil penelitian menunjukkan Pilar Besi memiliki lapisan tipis kristal besi hidrogen fosfat hidrat yang mengandung fosfor tinggi. Sifat-sifat kimia yang terbentuk pada besi itulah yang berfungsi melindungi Pilar Besi dari efek lembab akibat perubahan iklim.

Bentuk puncak Pilar Besi

Tahun 1997 Pilar Besi yang bertumpu pada platform batu tinggi dipasang pagar besi di sekelilingnya. Tujuannya untuk mencegah kerusakan dari aksi pengujung yang acap kali menyentuh pilar kuno itu. Dahulu sebelum dipagar orang berbondong-bondong mengunjungi Pilar Besi demi mengharap keajaiban. Mereka percaya mitos siapapun yang bisa menyentuh kedua tangan melingkari Pilar Besi dengan punggung menghadap ke Pilar maka hidupnya akan beruntung.

Pesona keajaiban Pilar Besi

Pilar Besi memiliki retakan di bagian atas yang diduga akibat serangan bola meriam. Namun kondisi itu tidak mempengaruhi kesempurnaan Pilar yang berdiri tegak dan kokoh hingga hari ini.

Pilar Besi ditetapkan pemerintah India sebagai cagar budaya yang dilindungi. Meski tidak secantik dan seindah bangunan istana bermarmer, Pilar Besi misterius punya pesona berbeda yang menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Pilar Besi telah dan akan terus menjadi bagian dari Delhi untuk selamanya.

COPYRIGHT © CUTITIPS 2021




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.